LITERASI BUDAYA MESATUA PENUNJANG PROFIL P5 UNTUK GURU KADER AGAMA HINDU KECAMATAN BANJAR, BULELENG
Kata Kunci:
Literasi, Mesatua, Profil Pelajar PancasilaAbstrak
Tujuan kegiatan: (1) Meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi komponen-komponen Profil Pelajar Pancasila yang termuat dalam cerita rakyat; (2) Meningkatkan keterampilan mesatua di kalangan guru kader agama Hindu dan Budi Pekerti sekolah dasar dalam mesatua yang bermuatan nilai profil Pelajar Pancasila dalam Satua Bali. Pelatihan diberikan kepada 8 orang guru kader yang dilakukan secara luring dan daring. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pendampingan. Materi mesatua yang dipilih adalah Rare Angon; Pan Balak Tamak; Bawang teken Kasuna; Siap Selem; Men Tiwas, Men Sugih. Peserta pelatihan berjumlah 8 orang guru kader yang nantinya akan meneruskan pengetahuan yang telah diperoleh ke para guru agama Hindu di sekolah asal. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pendampingan. Hasil pelatihan menunjukkan: 1) Guru Kader agama Hindu telah mampu mengindetifikasi nilai profil Pelajar Pancasila dalam Satua Bali; 2) Guru kader telah terampil menerapkan metoda mesatua.
Referensi
Andalas, E. F. (2018a). Cerita Rakyat dan Tradisi Masyarakat Agraris Nusantara: Mitos Dewi Sri (Jawa) dan Legenda Putri Mandalika (Sasak). In P. Karyanto (Ed.), Kisah-Kisah Perempuan dan Cerita Rakyat Nusantara (pp. 1–12). Kajian Sastra dan Budaya Universitas Airlangga.
Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Rajagrafindo Pesada.
Endraswara, Suwardi. 2013. Pendidikan Karakter dalam Folklor. Konsep, Bentuk dan Model. Yogyakarta: Pustaka Rumah Suluh
Hardiansyah, Firman, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hutomo, Suripan Sadi. 1991. Mutiara tak Terlupakan. Surabaya: HISKI Cabang Surabaya.
Isnain. (2007). Cerita Rakyat. http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar
/materi1animasi.pdf. Diakses
/04/2024
Setiadi, Putut. “Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Teks Cerita Sejarah Bangsa” dalam Prosiding Seminar Internasional dalam Rangka Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia PIBSI XXXVI, 11-12 Oktober 2014. Yogyakarta: Prodi PBSI FKIP UAD Yogyakarta.
Suhardi, Didik. Dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanti, Tiwi. 2021. Buku Panduan Guru. Pendidikan Agama Hindu dan Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemenristekdikti.
Suyatmi, Titik. “Pendayagunaan Cerita Rakyat sebagai Media Penanaman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa” dalam Prosiding Seminar Internasional dalam Rangka Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia PIBSI XXXVI, 11-12 Oktober 2014. Yogyakarta: Prodi PBSI FKIP UAD Yogyakarta.
Trisna, Gusti Ayu Putu Sukma, A.A.I.N. Marhaeni, Nyoman Sudiana. “Analisis Pokok-Pokok Materi Pendidikan Karakter Berbasis Folklor Bali dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar” dalam e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.