PENGEMBANGAN MODUL AJAR DAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR

Penulis

  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dyan Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Alit Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kurikulum merdeka, modul ajar, modul proyek, profil pelajar Pancasila

Abstrak

Salah satu kebutuhan guru seiring dengan kebijakan pemerintah menerapkan kurikulum merdeka adalah pengembangan modul ajar dan projek penguatan profil pelajar pancasila. Tujuan pengabdian ini adalah 1) untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sekolah dasar di Tianyar Barat dalam mengembangkan modul ajar, dan 2) untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sekolah dasar di Desa Tianyar Barat dalam mengembangkan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Kegiatan diikuti oleh 20 orang guru-guru SD di Desa Tianyar Barat. Kegiatan dilaksanakan dengan metode workshop dan pendampingan. Tahapan kegiatannya yaitu koordinasi, sosialisai, pelatihan, pendampingan, evaluasi hasil dan dampak, perancangan tindaklanjut, dan pelaporan dan luaran kegiatan. Data dikumpulkan dengan metode angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) guru mampu mengembangkan modul ajar sesuai kurikulum merdeka, dan (2) guru mampu menyusun modul proyek penguatan profil pelajar pancasila.

Referensi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024

Albertus, D. K. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius. 2015.

Kemendikbud. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Cetakan Kedua. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.

Kemendikbudristek. Modul Ajar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022.

Hasudungan, A.N & Abidin, A.F. Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. SHEs: Conference Series. 3 (2); 2020: 34 - 42

Hendarman. Mengembangkan SDM unggul melalui Profil pelajar pancasila. Makalah. Disampaikanpada acara Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Bersama Gurut dan Tenaga Kependidikan Berdedikasi, diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter, Hotel Sultan: 14 Desember 2020.

Kemendikbud. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022.

Zuchron, D. Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021.

Astawan, I G., Japa, I G.N., Arini, N.W., Agustiana, I G.A.T., Riastini, N.P.N., Yudiana, K.E. Pendidikan kontemporer di sekolah dasar, menyiapkan generasi emas lewat pendidikan. Singaraja: Undiksha Press. 2019.

Kharismadewi, K.P.S., Astawan, I G., dan Trisna, G.A.P.S. The Relationship between the Character of Mutual Cooperation and Global Diversity and Students' Pancasila Education Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. 2024;7(1):1-16.

Rofiqi, A. Penguatan pendidikan karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menuju era society 5.0. 2023;14(2):166-167.

Solissa E.M., Hayati A.A., Rukhmana, T., Muharam. S., Mardikawati, B., Irmawati, I. Mengembangkan pendidikan karakter berbasis budaya menuju society 5.0. Journal on Education. 2024;6(2):11327-33.

Salsabilla, I.I, Jannah, E., dan Juanda. Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia. 3(1): 2023: 33-41

Pratiwi, W., Hidayat, S., dan Suherman. Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 10(1);2023: 80-90.

Jannah, N. Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan oleh Pengawas di SMK Islam Penanggungan dan SMK Bhakti Indonesia Medika. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah. 3(1); 2023:53- 59.

Marlina, E. Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3 (1), hlm. 88-97. Maulida, Utami. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi. 5(2); 2023: 130-138.

Nurhayati, dkk. Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal masyarakat mandiri. 6(5); 2022: 3602-3612.

Rahimah. Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. Ansiru PAI. 12(3); 2022: 92-106.

Wardhana dkk. Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru PJOK Kota Semarang. JPOM. 3 (2); 2022: 82-88.

Widayati, dkk. Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Paud Bina Tunas Bangsa Lidah Wetan Lakarsantri. Jurnal pengabdian kepada masyarakat. 5(4); 2022: 195-200.

Kemendikbud Rset dan teknologi. Modul guru Penggerak Paket Modul 2 Pembelajaran berpihak pada murid. 2022.

Atika, N., Wahyudin, H., & Fajriyah, K. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. 2019.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. Paradigma Baru Dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(1); 2022:1544–1550.

Istianah, A., Mazid, S., & Susanti, R. Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara. 19(1); 2021: 62–70. 5.

Kemendikbud. Pendidikan Karakter Wujudkan Pelajar Pancasila. 2020.

Kemendikbud Ristek. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2021.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(3); 2022: 3613–3625.

Hamzah, M.R., Mujiwati, Y., Khamdi, I.M., Usman, I., dan Abidin, Z. Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan. 2(4); 2022: 553-559.

Sholekah, F. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1); 2020: 1–6.

Safitri, A., Wulandari, D., dan Herlambang, Y.T. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. JURNAL BASICEDU. 6(4); 2022: 7076-7086.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##