PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BUDAYA DAN ADAT BALI BAGI ANGGOTA KOMUNITAS SEKOLAH PELANGI INDONESIA SYDNEY, AUSTRALIA
Kata Kunci:
sekolah Indonesia, belajar Bahasa, budaya IndonesiaAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah Pelangi Indonesia di Sydney telah mencapai tujuan utama dalam memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya Indonesia, khususnya budaya Bali. Melalui kelas budaya yang interaktif, siswa diberikan kesempatan untuk belajar tentang tarian, kidung, dan seni kuliner, yang berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mandalam. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa yang signifikan dan kepuasan yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan. Siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk mengenal lebih dalam tentang warisan budaya mereka. Keberhasilan kegiatan ini mencerminkan pentingnya pendekatan yang kreatif dan partisipatif dalam pendidikan budaya. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan siswa, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat dijadikan acuan untuk program-program selanjutnya yang bertujuan untuk terus melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada generasi muda. Dengan demikian, pengabdian masyarakat di Sekolah Pelangi Indonesia di Sydney telah berhasil menciptakan dampak positif yang berkelanjutan, dan menjadi langkah awal untuk mengembangkan kegiatan serupa di masa depan, baik di Sydney maupun di tempat lain
Referensi
Artisna, P., Naswa, F., & Rohmah, M. (2022). Respon Generasi Milenial Indonesia Di Tengah Masuknya Budaya Asing. Universitas Negeri Surabaya 2022 |, 695, 695–705.
Pujianto, D. E. (2023). Data WNI dan Pemilu di Luar Negeri. Kompas.Com.
Ritonga, J., Fadhillah, A., Pelawi, D., Naibaho, E., Nasha, M., Ginting, S., & Yunita, S. (2022). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air terhadap Indonesia Melalui Pemahaman Identitas Nasional Bangsa dan Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMP Negeri 39 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 16. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.14881
Wulandari, D., Yunianti, V. D., & Wahyuningsih, Y. (2023). Analisis Ketertarikan Siswa Sekolah Dasar terhadap Kebudayaan Indonesia. Journal on Education, 5(2), 2376–2382.
Yoga Agustin, D. S. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 177–185. https://doi.org/10.12962/j24433527.v4i2.632
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.