REVOLUSI PENGAJARAN DI GUGUS 2 KECAMATAN TEJAKULA: PELATIHAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Penulis

  • Luh Gd Rahayu Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha https://orcid.org/0000-0001-6565-9349
  • Ni Wayan Surya Mahayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • G.A.P. Suprianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Indra Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Era Adnyayanti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Video Interaktif, Aktivitas Pembelajaran, Teknologi

Abstrak

Dunia pendidikan saat ini semakin berkembang, berbagai macam pembaharuan dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan melalui teknologi. Pelatihan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, khususnya penggunaan video interaktif. Kegiatan ini dirancang untuk membantu guru-guru mengatasi tantangan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif dan efektif. Pelatihan ini dilakukan dengan metode observasi, ceramah dan pelatihan yang terdiri dari tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan pelatihan intensif selama dua hari, serta pendampingan dan evaluasi. Melalui pelatihan ini, para guru dilatih untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memanfaatkan video interaktif. Keberhasilan program dilihat dari tanggapan positif dan partisipasi aktif guru selama pelatihan. Video dan hasil kegiatan dapat diakses melalui tautan yang telah disediakan. Dengan pelatihan ini, diharapkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi semakin meningkat, sehingga dapat berdampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa

Referensi

Aini, W. N. (2020). Instructional media in teaching English to young learners: a case study in elementary schools in Kuningan. Journal of English and Education, 1(1), 196-205

Alotaibi, A., & Al-Tamimi, A. (2024). The Effect of Interactive Videos on Vocabulary Acquisition and Retention among Saudi EFL Learners. International Journal of Interactive Learning Research, 21(1), 45-62.

Archer, A., & Hughes, C. (2011). Exploring the new literacy studies in the classroom. Pergamon Press

Azizi, S., & Rahimi, M. (2022). The Effectiveness of Interactive Videos on Vocabulary Learning of Iranian Elementary School Students. International Journal of Research in English Education, 5(2), 123-134.** https://www.researchgate.net/publication/301340668_The_effect_of_video_games_

Febiyanti, N. W., Nitiasih, P. K., Budiarta, L. G. R., & Adnyayanti, N. L. P. E. (2021). Significant Effect of Project Based Learning Video on Students’ Listening Skill in Pandemic Situation. International Journal of Elementary Education, 5(3), 425–433. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.34901

Jamal, N., & Arshad, R. (2023). The Impact of Interactive Videos on Vocabulary Learning and Motivation of Elementary School Students in Pakistan. The Turkish Online Journal of Educational Research, 14(3), 547-560. https://tojdel.net/journals/tojdel/articles/v10i01/v10i01-06.pdf

Krisnadana, Dewa Gede., et al.(2021). “Boosting Students’ Vocabulary Mastery in the Pandemic Era Using Project Based Learning Video.” JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature) English Department of STKIP PGRI Jombang, vol. 8, no. 1. 2021, pp 164-174, doi: https://doi.org/10.32682/jeell.v8i1.1888

Trianto, A. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsono, S. W., & Sunendar, I. (2020). The Effectiveness of Interactive Videos to Enhance Vocabulary Acquisition of Elementary School Students in Indonesia: A Systematic Review. International Journal of Research in Education and Science, 7(2), 245-256. https://www.konsistensi.com/2014/03/mengatasi-angkettidak-valid.html

Zhou, M., & Brown, D. (2023). "Competition and Collaboration: Preparing Learners for the Global Market." Language Teaching Research, 27(3), 365-38

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##