PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN IMPLEMENTASI MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANJAR JAWA SINGARAJA
Kata Kunci:
Gaya Hidup Berkelanjutan, Kewirausahaan, eco brick, karya seni, eco printAbstrak
Telah dilakukan pendampingan pengembangan dan implementasi Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 1 Banjar Jawa Singaraja. Pendampingan meliputi Workshop dan FGD pengembangan modul, implementasi modul dan observasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan telah dihasilkan tiga modul yaitu, dua modul untuk tema Gaya Hidup berkelanjutan dan satu modul untuk tema Kewirausahaan. Ada dua modul untuk tema hidup berkelanjutan yaitu “Mengubah Sampah Plastik Menjadi Eco Brick dan “Menjadikan Sampah Plastik Sebagai Karya Seni”. Modul untuk tema kewirausahaan berjudul Batik Ecoprint. Observasi pembelajaran menunjukkan bahwa para siswa mampu membedakan sampah plastik dan nonplastik, (2) memahami bahaya-bahaya sampah plastik, (3) memahami proses 3R dalam pengelolaan sampah plastik. (4) membuat ecobrick dengan cara yang benar, (5) membuat karya seni yang bervariasi, (6) belajar dengan nyaman, menyenangkan, dan bebas berkreasi, (7) belajar dengan bekerja, (8) mengerjakan proyek yang realistik, dan menarik.
Referensi
Arsyad, M., & dan Fahira, E.F. (2023). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Eureka Media Aksara.
Babau, S.R. (2022). Which Blob Person Are You? A Fun Self-Reflection Tool To Dive Deeper Into Your Feelings. Tersedia Pada Https://Medium.Com/The-Summit-Life/Which-Blob-Person-Are-You-B66d36ee5723, Diakses tanggal 4 Oktober 2024.
Haq, A.A., Rahayu, D.R., , Denoya, N.A., Nailul., Fitrian S. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri 18 Kota Padang. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, Vol 3(1). P 194-199.
Kemendikbudristek (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Mengatasi Krisis Pembelajaran. Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran, diakses tgl 4 Oktober 2024.
Mayoux, L. (2005). Participatory Action Learning System (PALS). Training Manual
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik IndonesiaNomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Tersedia pada https://drive.google.com/file/d/1IhjJ_yZD8GQgEVF_FMrf7P-8ifuousLa/view, diakses tanggal 3 Oktober 2024.
Putri, N.A., Popo Hardi, S.P., dan Tabroni. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol.05 (01), p 80-91.
Rizky Satria, M., Pia Adiprima, Jeaninday, M, dan Anggarena Y. (2024) . Panduan Pengembangan Projek PenguatanProfil Pelajar Pancasila, edisi revis Mei 2024. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen PendidikanKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Safitri, R.E dan Rahim A. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasilapada Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 11 (2), p 616-624
Silmi, A.F. (2017). Participatory Learning And Action (PLA) di Desa Terpencil Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 81-98.
Sulistiyaningrum, T dan Fathurrahman, M. (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, Vol 9 (2), p 121-128.
Surat Edaran Nomor 0574/H.H3/Sk.02.01/2023
Tentang Pendaftaran Implementas Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024. Tersedia pada https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file,/1675738974_manage_file.pdf, diakses tanggal 2 Oktober 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.