PELATIHAN PEMBUATAN BUKU CERITA AUGMENTED REALITY BUDAYA BALIKU DI SDN 4 BABAHAN
Kata Kunci:
buku cerita, augmented reality, budaya baliAbstrak
Pelatihan pembuatan Buku Cerita Augmented Reality (AR) Budaya Baliku bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang literasi budaya lokal melalui integrasi teknologi AR. Pelatihan ini dilakukan di SDN 4 Babahan, melibatkan seminar, workshop, dan implementasi buku cerita berbasis AR dalam pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan mahasiswa yang membantu dalam pembuatan buku cerita AR. Hasilnya, guru memperoleh keterampilan baru dalam mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik, serta meningkatkan minat siswa terhadap budaya lokal. Implementasi AR dalam buku cerita memberikan pengalaman belajar yang lebih hidup dan kontekstual, meningkatkan keterlibatan siswa dan mengapresiasi budaya Bali. Pelatihan ini juga memperkuat literasi digital para guru, sejalan dengan tuntutan pendidikan berbasis teknologi.
Referensi
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644-3650. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1397
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181– 188. https://doi.org/10.36294/jmp.vxix.xxx
Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (AR) sebagai teknologi interaktif dalam pengenalan benda cagar budaya kepada masyarakat. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 807-812. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1614
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 75. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731
Kumalasari, D. (2010). Konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan taman siswa (tinjauan humanis-religius). ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 8(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3716
Nurjanah,E., &Hakim, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 72. http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi&Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Pujiatna, T. (2021). Kearifan Lokal sebagai Penunjang Pendidikan Literasi Budaya Tri. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 343–346. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosidingpascasarjana-unnes/
Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198-203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203
Restika, A. P., & Nirwana, H. (2021). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Komponen Total Station. September, 208–214 https://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/sntei/article/view/2866
Susanti, K. L., Margunayasa, I. G., & Rati, N. W. (2023). Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Siswa Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/75592
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5). https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/575
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.