PELATIHAN PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION UNTUK MEMBUAT MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG INTERAKTIF DI SD NEGERI 19 DAUH PURI
Kata Kunci:
CANVA for Education, komik digital, media pembelajaran, Bahasa InggrisAbstrak
Pelatihan penggunaan CANVA for Education dalam menciptakan media komik pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 19 Dauh Puri bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam merancang media yang interaktif. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya variasi media pembelajaran dan minimnya keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi digital. Melalui seminar dan workshop, guru dilatih menggunakan CANVA for Education untuk mendesain komik digital yang kreatif dan menarik. Hasil menunjukkan bahwa media komik digital mampu meningkatkan keaktifan, kreativitas, serta pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Pendampingan implementasi penggunaan CANVA ini juga berhasil membantu guru menerapkan media ini secara efektif, memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.
Referensi
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Maharani, Hevy Risqi, Nila Ubaidah, Mochamad Abdul Basir, Dyana Wijayanti, Imam Kusmaryono, Dan Mohamad Aminudin. 2022. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital Dengan Canva For Education.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(3):760–68. Doi: 10.31849/Dinamisia.V6i3.10084.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data tes awal dan tes akhir. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Putra, L. D., & Filianti, F. (2022). Pemanfaatan CANVA For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315
Rusby; Hayati; Cahyadi, Z. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar ZULKIFLI RUSBY * NAJMI HAYATI ** INDRA CAHYADI***. Jurnal Al- Hikmah, 14, 18–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.