PELATIHAN PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION UNTUK MEMBUAT MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG INTERAKTIF DI SD NEGERI 19 DAUH PURI

Penulis

  • Luh Sri Surya Wisma Jayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Suriyasmini

Kata Kunci:

CANVA for Education, komik digital, media pembelajaran, Bahasa Inggris

Abstrak

Pelatihan penggunaan CANVA for Education dalam menciptakan media komik pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 19 Dauh Puri bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam merancang media yang interaktif. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya variasi media pembelajaran dan minimnya keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi digital. Melalui seminar dan workshop, guru dilatih menggunakan CANVA for Education untuk mendesain komik digital yang kreatif dan menarik. Hasil menunjukkan bahwa media komik digital mampu meningkatkan keaktifan, kreativitas, serta pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Pendampingan implementasi penggunaan CANVA ini juga berhasil membantu guru menerapkan media ini secara efektif, memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Referensi

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Maharani, Hevy Risqi, Nila Ubaidah, Mochamad Abdul Basir, Dyana Wijayanti, Imam Kusmaryono, Dan Mohamad Aminudin. 2022. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital Dengan Canva For Education.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(3):760–68. Doi: 10.31849/Dinamisia.V6i3.10084.

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data tes awal dan tes akhir. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Putra, L. D., & Filianti, F. (2022). Pemanfaatan CANVA For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315

Rusby; Hayati; Cahyadi, Z. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar ZULKIFLI RUSBY * NAJMI HAYATI ** INDRA CAHYADI***. Jurnal Al- Hikmah, 14, 18–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##