PEMBERDAYAAN GURU-GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN TEKNOLOGI DI SMK TI GLOBAL SINGARAJA
Kata Kunci:
pembelajaran berfirensiasi, teknologi pembelajaranAbstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru SMK TI Global Singaraja menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi dengan teknologi. Terdapat tiga langkah dalam kegiatan yaitu presentasi, demonstrasi, dan praktik. Presentasi digunakan untuk mengenalkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi dengan teknologi sebagai model pembelajaran dan penilaian inovatif. Demonstrasi digunakan untuk menjelaskan cara penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi dengan teknologi. Sedangkan praktik digunakan untuk mengajarkan guru dalam menerapkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi dengan teknologi. Hasil angket menunjukkan angka 85% peserta merespon bahwa pelatihan memberikan manfaat pada peserta tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan teknologi dalm pembelajaran. Data juga menunjukkan angka 90% tentang kesan peserta bahwa pelatihan yang dilakukan bersifat menarik sehingga peserta merasa termotivasi dan memiliki keterampilan terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan teknologi sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan berhasil memenuhi tujuannya
Referensi
Abdul, G, M. (2020). Using Educational Technology to Enhance Teaching and Learning EFL (A Case Study of English Language Teachers- KKU- Faculty of Sciences and Arts at Muhayle Assir). Journal of Language Teaching and Research, 11(4), 561-567. http://dx.doi.org/10.17507/jltr.1104.05
Andrade, M. (2014). Role of Technology in Supporting English Language Learners in Today’s Classrooms. ROLE OF TECHNOLOGY IN SUPPORTING ENGLISH LANGUAGE LEARNERS. https://hdl.handle.net/1807/66995
Ardiansyah, Risnita & Jailani, M, S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Ayuningtiyas, L, P, S., Suwastini, N, A, K & Dantes, G, R. (2023). Differentiated Instruction In Online Learning: Its Benefits and Challenges In EFL Contexts. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20(1). https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i1.54512
Balan, Y. A., Sudarmin, Kustiono. 2017. Pengembangan Model Computer Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovtive Journal of Curriculum and Educational Technology 6 (1). 36 - 44.
Balcin, K & Bouzaki, F. (2022). Using Instructional Technologies to Cater for Individual Learner Differences. International Journal of TESOL Studies, 4(3), 111-124. https://doi.org/10.46451/ijts.2022.03.09
Belloti, Fransesco. 2013. Advances in Human-Computer Interaction. Journal of Gale Economic Education Humanities Social-Science.
Berlian, U, C., Yuni, A, S. Ramadhanti, R, R & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Armada: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815-822. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742
Bull, Joanna & Coleen McKenna. 2004. Blueprint for Computer-Assisted Assessment. London: Routleedge Falmer
Danovitch, J, H., William, A, J., Mills, C, M & Sands, K, R. (2021). Mind the gap: How incomplete explanations influence children’s interest and learning behaviors. Cognitive Psychology, 130(101421). https://doi.org/10.1016/j.cogpsych.2021.101421
Defitriani, E. (2018). Differentiated Instruction: Apa, Mengapa dan Bagaimana Penerapannya. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). http://dx.doi.org/10.33087/phi.v2i2.38
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.