PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SESUAI KURIKULUM MERDEKA
Kata Kunci:
pengembangan, desain, pembelajaran, berdiferensiasiAbstrak
Berdasarkan identifikasi permasalahan, maka dapat dirumuskan dasar kegiatan pelatihan yang dilaksanakan adalah pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan para guru sekolah dasar di Desa Panji dalam mengembangkan desain pembelajaran berbasis pembelajaran berdiferensiasi belum optimal. Khalayak sasaran PKM ini adalah guru sekolah dasar di Desa Panji yakni guru kelas III dan VI, guru agama, dan guru olahraga yang berjumlah 24 orang. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan pengandian dilakukan evaluasi terhadap produk desain pembelajaran dengan lembar penilaian produk dan kemenarikan kegiatan pengabdian menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan umum 2 kali dan pelatihan intensif 2 kali. Rerata nilai produk desain pembelajaran adalah 87 dalam kriteria sangat baik dan telah melampaui tingkat keberhasilan 75. Berdasarkan hasil analisis kuesioner respon guru terhadap pengadian kepada masyarakat diperoleh rerata 97,14. Berdasarakan data ini dapat disimpulkan bahwa para guru sekolah dasar telah memberikan respon yang sangat baik terhadap pelaksanaan pengbadian kepada masyarakat.
Referensi
Ahmad, S. (2014). Problematika kurikulum 2013 dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah. Jurnal Pencerahan, 8(2), 104–114.
Alhamuddin. (2019). Politik kebijakan pengenbangan kurikulum di indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Alhogbi, B. G. (2017). Sejarah perkembangan kurikulum di indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9), 21–25.
Asri, M. (2017). Dinamika kurikulum di indonesia. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.
Hardiansyah, R. R., Pradhana, R. Y., & Mustiningsih. (2019). Dinamika perubahan kurikulum di indonesia. Artikel Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19 259–264.
Hasan, S. H. (1988). Evaluasi kurikulum. Jakarta: Depdikbud.
Ritonga, M. (2018). Politik dan dinamika kebijakan perubahan kurikulum pendidikan di indonesia hingga masa reformasi. Bina Gogik, 5(2), 1–15.
Wirianto, D. 2014. Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. Islamic Studies Journal, 2(1), 133–147.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.