PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN DIGITAL MARKETING PELAKU UMKM

Penulis

  • Made Susi Lissia Andayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Eka Damayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Handi Partiwi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Digital marketing, UMKM Desa Sidetapa, Facebook Ads

Abstrak

Kemajuan teknologi bisnis semakin berkembang pesat, dari segi produk dan juga penjualan mengalami peningkatan. Media digital merupakan salah satu pilihan popular untuk mempromosikan produk yang akan dijual karena media digital mampu menjangkau pasar lebih luas dan mampu mempengaruhi pasar lebih mudah. Desa Sidetapa merupakan desa yang sebagain besar masyarakatnya bermata pencaharian utama sebagai pengrajin sokasi. Lokasi daerah Desa Sidetapa jauh dari akses jalan raya besar dah jauh dari perkotaan dan pasar-pasar besar sehingga pelaku UMKM sedikit kesulitan untuk memasarkan produk sokasinya. Para pelaku UMKM ini tidak didukung dengan keahlian dalam Digital Marketing. Dengan melakukan marketing yang berbasis online atau digital marketing maka diharapkan para pelaku UMKM semakin percaya diri dalam mengembangkan bisnis dan usahanya. Salah satunya adalah pemanfaatan media Facebook Ads. Maka dilakukan pelatihan dan pendampingan agar berdampak pada pemasaran dengan konten menarik dan menjangkau lebih luas, yaitu pelatihan branding, dokumentasi produk, dan pendampingan pembuatan media sosial.

Referensi

Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 122(February 2020), 608–620. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016

Faturachman, F., & Krisnadi, I. (n.d.). Youtube Adversiting Sebagai Salah Satu Strategi Digital Marketing Di Era Marketing 4.0.

Hendrawan, I. G. Y., Puspitawati, N. M. D., & ... (2021). Pemanfaatan Video Reportase Berbentuk Konten Media Sosial Untuk Meningkatkan Awareness Konsumen Umkm Kuliner Di …. Prosiding …, 25–34. https://ejournal.unmas.ac.id/index.php/senadiba/article/view/3196%0Ahttps://ejournal.unmas.ac.id/index.php/senadiba/article/download/3196/2501

Kuspriyono, T. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk di Di YouTube Melalui Subscriber Tertinggi dan Kualitas Tayangan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 19(2), 165–172. https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5453

Larasati, P. K. P., Kartika, K. D., Rahayu, A. S., Khairunisa, P., & Julianto, I. N. L. (2021). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era Digital. In SANDI: Seminar Nasional Desain (Vol. 1). Retrieved from http://eproceeding.isidps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/102

Ramadhayanti, A. N. A. (2019). Strategi Pemasaran di YouTube Melalui Subscriber & Komentar dan Perspektif Persuader Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 10(1), 9–21

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##