PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI PLICKERS SEBAGAI ALTERNATIF MODE EVALUASI DALAM JARINGAN BAGI GURU- GURU DI SD NEGERI 5 LES KECAMATAN TEJAKULA

Penulis

  • Ni Luh Putu Sri Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Suarcaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Swandana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maftah Alif Falah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Pande Agus Putu Dharma Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Sudana Praptono Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

aplikasi plicers, mode evaluasi

Abstrak

Tujuan pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk mengenalkan aplikasi Plickers sebagai media pembelajaran khususnya dalam membuat kuis online dan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi Plickers sebagai media evaluasi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, demonstrasi, penugasan, dan simulasi. Adapun tahapan- tahapan dalam pelaksanaannya, yakni tahap pertama, metode ceramah digunakan untuk menjelaskan aplikasi Plickers. Tahap kedua, metode demonstrasi, cara menjalankan aplikasi Plickers. Tahap ketiga, pendampingan, guru-guru diminta merancang evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Plickers. Hasil kegiatan ini menunjukkan para guru sudah mampu memilih fitur dalam aplikasi Plickers sesuai tuntutan pembelajaran. Hasil evaluasi program menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengaplikasikan plicers sebanyak 80%. Guru sudah mampu mengaplikasikan plicers dengan baik. Guru menyampaikan bahwa penggunaan evaluasi pembelajaran melalui aplikasi Plickers efektif untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran tetapi agak kompleks ketika harus menggunakan dua peranti yakni gawai dan laptop.

Referensi

Adnyani, Ni Luh Putu Sri, dkk, 2023. Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alternatif Mode Evaluasi Dalam Jaringan bagi Guru-Guru di SD Negeri 1 Pesagi Kecamatan Penebel. Prosiding Senadimas 2023

Alifa, E. N., Hidayat, S., & Nur, L. 2020. Analisis Penggunaan Multimedia Evaluasi Plickers dalam Mengurangi Budaya Menyontek. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 168–177. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25467

Ariani, D. 2018. Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1 (1), 58-65. DOI: 10.21009/JPI.011.09.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ed.Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Babacan, N., & Güler, Ç. 2022. The Effects of Plickers on English Vocabulary Achievement, Motivation and Anxiety. Education Quarterly Reviews, 5(4), 617–630. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.04.648

Charalampos, C. 2019. Enabling Active Learning in Large Classes Through the Use of Plickers. Pedagogy for Higher Education Large Classes (PHELC19) Co-Located with the 5th International Conference on Higher Education Advances (HEAd’19) Universitat Politecnica de Valencia.

Chou, P. N. 2022. Using Plickers to Support Student Learning in Rural Schools: A Comprehensive Analysis. Sage Open, 12(3), 1–11. https://doi.org/10.1177/21582440221116109

Effendi,Empy dan Hartono Zhuang. 2005. E-learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Hassan, F. A., & Hashim, H. 2021. The Use of an Interactive Online Tool (Plickers) in Learning Vocabulary among Young Learners in ESL Setting. Creative Education, 12(04), 780–796. https://doi.org/10.4236/ce.2021.124055

Jinu, R., & Shamna Beegum, S. 2019. Plickers: A Tool for Language Assessment in the Digital Age. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2), 166–171. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1031.0782S319

Kamarga. 2000. Sistem E-Learning. Jakarta: Salemba Empat.

Kent, D. (2019). Plickers and the Pedagogical Practicality Of Fast Formative Assessment. Teaching English with Technology, 19(3), 90–104.

Masita, M., & Fitri, N. 2020. The Use of Plickers for Formative Assessment of Vocabulary Mastery. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 7(2), 311–320. https://doi.org/10.30605/25409190.179

Mshayisa, V. V. 2020. Students’ Perceptions of Plickers and Crossword Puzzles in Undergraduate Studies. Journal of Food Science Education, 19(2), 49–58. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12179

Naqiyah, M., Jumadi, & Wilujeng, I. 2019. Physics Learning Using Direct Instruction Model Assisted by Plickers Application to Measure Problem Solving Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012031

Nunes, P. S., Catarino, P., Martins, P., & Nascimento, M. M. 2023. Plickers to Support Similarities Learning: An Experience On 7th Grade Portuguese Basic Education. Contemporary Educational Technology, 15(3).

Pearson, R. J. 2020. Clickers versus Plickers: Comparing Two Audience Response Systems in a Smartphone-Free Teaching Environment. Journal of Chemical Education, 97(8), 2342–2346. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00464

Sihwisi, J. 2018. Menilai Hasil Belajar Cepat, Tepat dan Akurat dengan Plickers dan Zipgrade. Deepublish.

Situmorang, J. S. M., & Mediatati, N. 2023. Efektivitas Plickers Sebagai Media Evaluasi PPKn Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 441–453. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.2521

Utaminingsih, Sri & Rani Setiawaty. 2023. Evaluasi Pembelajaran dengan Plickers Berbasis Gamifikasi:Literature Review. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(2), 826-834.

Pratama, K. R. 2019. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Plickers dalam Penilaian Hasil Belajar Kimia di Era Digital. Pedagogia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (3): 205-216.

Wiyaka, W., & Prastikawati, E. 2021. Plickers as an Online Formative Assessment to Improve Secondary School Students’ English Learning. SSRN Electronic Journal, 302, 1–16. https://doi.org/10.2139/ssrn.3864809

Yunita, dkk. 2021. Penggunaan Aplikasi Plickers Untuk Data Penilaian Formatif di SMA Islam Assa’adah. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 5 (1): 95-100.

Wisudariani, Ni Made Rai, dkk. 2021. Pemanfaatan Portal E-Learning bagi Guru- Guru Sekolah Dasar. Prosiding Senadimas 2021.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##