INTEGRASI EVALUASI BERBASIS AKTIVITAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Kusuma Widiastuti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Ada SDN 1 Baktiseraga

Kata Kunci:

Asesmen Berbasis Aktivitas, Pelajaran Bahasa Inggris sekolah dasar.

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masrarakat ini dilaksanakan karena berdasarkan data dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3S) Kecamatan Buleleng bahwa sebagian besar sekolah dasar dikecamatan Buleleng belum memiliki guru bahasa inggris dengan latar belakang Pendidikan Bahasa Inggris. Guru guru pengajar bahasa inggris merupakan guru kelas dengan literasi bahasa inggris yang masih bisa dibilang kurang. Oleh karena itu kegiatan PkM dengan judul “Integrasi Asesmen Berbasis Aktivitas Pada Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar” dilaksanakan. Melalui kegiatan Pk Mini guru guru akan dilatih untuk dapat melakukan asesmen pada pata Pelajaran bahasa inggris di SD dengan baik berbasis pada aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Hal ini penting dilakukan karena guru guru akan lebih mudah melakukan asesmen terhadap siswa khususnya pada pata Pelajaran bahasa inggris.

Referensi

Azis N, Pribadi G, Nurcahya M. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Comma Berbasis Android. Tekmapro J Ind Eng Manag. 2020;4(3):97–107.

Safaringga V, Lestari WD, Aeni AN. Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2022;6(3):3514–25.

Maili SN. Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu Dan Mengapa Dipersoalkan. Judika (Jurnal Pendidik Unsika. 2018;6(1):23–28.

Amalia N. Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Menggunakan Vocabulary Self-Collection Strategy Pada Kelas Vii a3 Di Smpn 1 Singaraja. J Educ Action Res. 2018;2(2):172.

Mahmud YS, Pujiastuti A, Fitria R, Lestari DE. Elementary school parents’ perspectives on online English language teaching during Covid-19 pandemic. Int J Elem Educ. 2021;6(1):85–96.

Suryaman M. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Semin Nas Pendidik Bhs dan Sastra [Internet]. 2020;1(1):13–28. Available from: https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Suryani TZ. Pengajaran Komunikatif Kontekstual dalam Konteks Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab. EL-Wasathiya J Stud Agaa [Internet]. 2016;4(2):13. Available from: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2641

Susantini NLP, Kristiantari MGR. Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. J Pendidik Anak Usia Dini Undiksha. 2021;9(3):439.

Lailatussaadah L. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita [Internet]. 2015;3(1):243106. Available from: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196

Harlina H, Nur Yusuf F. Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan Challenges of Learning English in Rural School. J Penelit Pendidik. 2020;20(3):325–334.

Muhdi, Nurkolis, Yuliejantiningsih Y. The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - J Pendidik Usia Dini. 2020;14(2):247–61.

Gusmuliana P. The Use of Total Physical Response Strategy at Junior High School of SLBN South Curup, Rejang Lebong. ENGLISH Fr Acad J English Lang Educ. 2018;2(2):115.

Bayu GW, Gede L, Wahyuni E. Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Permulaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Enjoyable Learning Berbantuan Media Audio Visual. In: In Seminar Nasional Riset Inovatif Ke-6. 2018.

Ningsih T, Ma’rufah DW, Hermawan R, Sholehuddin MS, Fatimah S. Shaping Students’ Character through Edutainment Strategies. J Educ Soc Res. 2021 Nov;11(6):173.

Bayu GW, Yudiana K, Trisna IGAS, Agustiana IGAT, Sudarminingsih PMA. Pelatihan Implementasi Strategi Enjoyable Learning Bagi Guru Sekolah Dasar. In: Proceeding Senadimas Undiksha. p. 2226.

Batubara HH, Supena A. Educational Neuroscience Dalam Pendidikan Dasar. J Pendidik Dasar. 2018;9(2):140–8.

Wulan ER, Rusdiana HA. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia; 2015.

Bukman M|, Artanti L|, Sari P. Evaluasi implementasi pendidikan karakter di SD negeri 5 betung kabupaten banyuasin. J Innov Teach Instr Media [Internet]. 2020;1(1):26–35. Available from: http://ejournal.karinosseff.org/index.php/jitim/article/view/27

Anggraini W, Utami A, Santi P, Gery MI. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. Pros Semin Nas Penelit LPPM UMJ [Internet]. 2020;7:1–10. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8839

Hardiyana A. Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY J Pendidik Anak. 2016;2(1):1–12.

Amjah DYPH. A Study of Teachers’ Strategies so Develop Students’ Interest towards Learning English as a Second Language. Procedia - Soc Behav Sci. 2014;134:188–92.

Afrianti I, Nur Wahyuni. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan “Leksikon Dalam Bahasa Mbojo” Untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. JIIP-Jurnal Ilm Ilmu Pendidik. 2021;4(6):455–61.

Rizaldi DB, Yana D. Persepsi Guru Bahasa Inggris terhadap Teknologi Informasi dan Literasi Digital. J Pendidik Tambusai [Internet]. 2022;6(2010):1302–7. Available from: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3108

Qadafi M. Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat Pandemi Covid-19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;5(1):422.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##