PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KAMISHIBAI UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SD DANA PUNIA SINGARAJA

Penulis

  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Antartika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pendidikan karakter, profile pelajar Pancasila, kamishibai, dongeng Jepang, nilai universal

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan tulang punggung yang mendukung suksesnya suatu pendidikan menuju Indonesia Emas 2045. Profil Pelajar Pancasila sebagai suatu pendidikan karakter yang berbasis pada nilai-nilai filosofi Pancasila terdiri dari merupakan suatu nilai yang juga bersifat universal. Pendidikan karakter yang di selenggarakan di pendidikan dasar harus terintegrasi dengan mata pelajaran dan juga kegiatan ekstrakurikuler dan juga kokurikuler. SD Dana Punia merupakan sekolah dasar yang memberikan pelajaran bahasa Jepang sebagai bahasa asing tambahan. Pembelajaran bahasa Jepang tidak bisa lepas dari pemahaman terhadap nilai karakter sebagai bagian dari budaya. Melalui dongeng Jepang yang berbantuan media kamishibai menunjukkan telah berhasil memberikan penguatan pemahaman nilai-nilai karakter pada profil pelajar Pancasila yang bersifat universal, sekaligus juga menambah pengetahuan tentang budaya Jepang dan wawasan kebhinekaan global pada siswa SD Dana Punia Singaraja.

Referensi

寶櫛久美子. 2015. 紙芝居研究の現状と課題. Journal of Child Study, Vol. 21., July 2015. https://www.jstage.jst.go.jp/article/jschildstudy/21/0/21_185/_pdf/-char/ja

IKAJA (The International Kamishibai Association of Japan) https://www.kamishibai-ikaja.com/kamishibai.html

Nanda, Dilla Dwi. 2021. Moral Value and Character Building Education in Folklore from Central Java “Timun Mas”. Journal of Languages and Language Teaching. Vol. 9, No.1. Januari 2021. Diakses dalam http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jollt/index pada tanggal 28 Maret 2024.

Oguma, Makoto. 2015. The Study of Japan through Japanese Folklore Studies. Japanese Review of Cultural Anthropoogy, Vol. 16, 2015.

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 2021. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta 2021. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Profil Pelajar Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar, Direktoran Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidkan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Sakban, Abdul. 2023. Character Education and Priority for National Character Development in Indonesia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol.9, No.3: September 2023. pp. 794-807. https://doi.org/10.33394/jk.v9i3.7843

正司顯 好.2009. 教育における紙芝居の可能性を考える―幼小連携を基軸としてー.小池学園研究紀要 No.13.

Wibowo, Robi. 2016. Unconscious Structures in the Japanese Folk Tales Hebi no Yomeiri, Hata no Koukou, Tsuru no On’gaeshi, and Tanabata. Humaniora. Volume 28. Number 2. June 2016. https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/16399

ヨウ・カイエン. 2015. 日本昔話とその研究. 日本語・日本文化研修プログラム研修レポート集 , 22期 : 20. https://ir.lib.hiroshima-u.ac.jp/00038815

佐々木由美子. 2023. 保育における紙芝居の動向―1945年以降を中心に―. 東京未来大学研究紀要. Vol.16. https://www.jstage.jst.go.jp/article/tfu/16/0/16_53/_pdf/-char/en

Visi dan Misi Pendidikan Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/tentang-kemdikbud/visi-dan-misi

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##