EDUKASI DAN PENDAMPINGAN KLASIFIKASI BAHAN PUSTAKA SKEMA DEWEY DECIMAL CLASSIFICATION (DDC) TERHADAP SDM PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI 2 BANJAR BALI

Penulis

  • Santana Sembiring Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lola Utama Sitompul Universitas Pendidikan Ganesha
  • Fitri Noviani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Arjana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Perpustakaan Sekolah, Klasifikasi, DDC

Abstrak

Salah satu kunci agar perpustakaan sekolah dapat menjadi ruang dan digunakan secara berkala baik oleh siswa dan guru adalah dengan melalui pengelolaan koleksi yang baik. Klasifikasi menggunakan skema DDC dapat menjadi solusi dalam menghasilkan koleksi yang lebih tertata dan rapi sehingga memungkinkan siswa memperoleh pengalaman saat menjelajahi buku di perpustakaan. Buku tidak terkelola dengan baik merupakan isu utama yang dihadapi oleh perpustakaan sekolah yang berlokasi di SD Negeri 2 Banjar Bali. Selain koleksi, baik guru pustakawan dan guru SDN 2 Banjar Bali juga minim akan pengetahuan teoritis dan aplikatif mengenai klasifikasi skema DDC. Oleh karena permasalahan tersebut, penulis menghadirkan aktivitas pengabdian yang berfokus pada edukasi dan pendampingan klasifikasi koleksi menggunakan model DDC. Tujuannya bukan hanya membekali SDM SDN 2 Banjar Bali secara konsep dan keterampilan teknis dalam mengelola koleksi, tapi penggunaan koleksi perpustakaan sekolah SDN 2 Banjar Bali oleh guru dan siswa diharapkan juga semakin tinggi dan semakin maksimal.

Referensi

Lazarinis, F. (2015). Cataloguing and classification. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-100161-5.00007-5

Masruri, A., & Khotimah, K. (2017). Asal-usul dewey decimal classification: Melacak pemikiran melvil dewey dalam organisasi pengetahuan. Al-Maktabah, 16, 80-95.

Rotmianto, M. (2015). E-ddc (electronic-dewey decimal classification) as a freeware classification number finder based on ddc: History and development. Media Pustakawan, 22(3), 15-22.

Suharyanto. (2012). Dewey decimal classification edisi ke-23: Perubahan dan perluasan notasi tentang Indonesia. Media Pustakawan, 19(3), 11-14.

Syahdan., Ridwan, M.M., Ismaya., Aminullah, A.M., & Elihami. (2021). Analisis penerapan sistem klasifikasi ddc dalam pengolahan pustaka. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 63-80.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##