PEMANFAATAN VILANETS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK BALI MANDARA DALAM BIDANG ADMINISTRASI JARINGAN

Penulis

  • Gede Arna Jude Saskara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Resika Arthana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Edy Listartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Dendi Maysanjaya Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Administrasi, Jaringan, Vilanets, Virtual, Guru

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru SMK Bali Mandara dalam Administrasi Jaringan melalui penggunaan simulator jaringan Vilanets. Permasalahan utama yang dihadapi sekolah adalah keterbatasan perangkat fisik, biaya pengadaan yang tinggi, dan rendahnya pemahaman praktis guru. Hal ini berdampak pada kurang optimalnya pembelajaran dan persiapan siswa menghadapi uji kompetensi. Solusi yang diberikan adalah pelatihan dan pendampingan penggunaan Vilanets, yang memungkinkan simulasi jaringan komputer menggunakan perangkat virtual menyerupai kondisi nyata. Kegiatan mencakup tahap persiapan, pelatihan, praktik konfigurasi jaringan sederhana, serta evaluasi melalui pretest, posttest, dan angket respon. Peserta berjumlah 10 guru dan siswa konsentrasi TJKT. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata N-Gain 0,88 (kategori efektif). Angket respon juga menunjukkan peserta menilai materi mudah dipahami, bimbingan jelas, dan metode pelatihan memuaskan. Temuan ini membuktikan Vilanets dapat menjadi alternatif pembelajaran administrasi jaringan tanpa bergantung pada perangkat fisik.

Referensi

Firdausi, A., & Barnawi. (2017). Profil Guru SMK Profesional (M. Sandra (ed.); 2nd ed.). Ar-Ruzz Media.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65– 70.

Huma Belajar. (2019). Mengenal GNS3 . https://humbel.id/mengenal-gns3/ (Diakses tanggal 17 Februari 2022)

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva, 4(2), 231–240.

Irwansyah, M. R., Meitriana, M. A., & Suwena, K. R. (2020). xStudent Work Readiness in Vocational High School. 158(Teams), 285–290. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201212.0 40

Mahendra, G.S., dkk. (2022). Keamanan Komputer. Jakarta: PT. Galiono Digdaya Kawthar

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the COVID19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

S. Sudradjat and F. Amyar, “PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi di SMK Pembangunan Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2020, doi: 10.37641/jadkes.v1i1.321.

Safira, Amera P. (2021). Apa Itu Mikrotik? Pengertian, Fungsi, & Jenisnya

Saskara, G.A.J., Listartha, I.M.E. and Santyadiputra, G.S., 2021. Performa Raspberry PI Wireless Intrusion Detection System (RAPWIDS) Mendeteksi Serangan Cracking WPA2 HandShake. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(3), pp.345–351. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.43068.

Sulfemi, W. B., & Qodir, A. (2017). Hubungan Kurikulum 2013 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smk Pelita Ciampea Relationship. EDUTECNO : Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, 17(106), 1–12.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025