PEMBINAAN PELAYANAN DIGITAL DESA JINENGDALEM MENUJU DESA DIGITAL
Abstrak
Pelayanan masyarakat yang berkualitas menjadi indikator penting dalam mengukur tingkat kesejahteraan suatu masyarakat. Namun, banyak daerah, terutama di pedesaan, menghadapi tantangan dalam hal akses dan kualitas pelayanan masyarakat. Terbatasnya sarana dan prasarana, serta minimnya tenaga ahli di bidang teknologi informasi, sering menjadi hambatan dalam penyediaan pelayanan masyarakat yang optimal. Desa Jinengdalem, di ujung utara Pulau Bali, merupakan salah satu desa yang menghadapi berbagai tantangan dalam pelayanan masyarakat.
Di Indonesia, pemerintah telah menggalakkan program "Indonesia Satu Data" sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk di tingkat desa. Penggunaan aplikasi digital dalam pelayanan publik di desa menjadi sangat penting dalam mendukung program tersebut. Desa Jinengdalem berusaha berinovasi sesuai dengan tuntutan undang-undang desa, seperti pada PP No. 38/2017 tentang Inovasi Daerah. Meskipun telah mencoba mendigitalisasi pelayanan desa, biaya investasi yang tinggi membuat desa memilih menonaktifkan fasilitas pelayanan desa secara digital.
Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Jinengdalem, kami melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan sistem pelayanan masyarakat berbasis digital menggunakan aplikasi web. Proposal ini bertujuan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Jinengdalem. Terlaksananya pengabdian ini diharapkan 1) Meningkatkan kecepatan dan keefektifan pelayanan di desa melalui pemanfaatan sistem berbasis teknologi. 2) Memiliki data desa tunggal yang valid dan terbaru. 3) Meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi untuk peningkatan kualitas dan ketersediaan data. Hasil dari pengabdian ini akan dipublikasikan melalui media elektronik, artikel jurnal nasional dan prosiding nasional.
Referensi
Apriyansyah, Maullidina, I. and Purnomo, E.P. (2018) ‘Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul’, JAKPP: Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, 4(1).
Fardani, I. et al. (2021) ‘DIGITALISASI DESA DI DESA CIKOLE LEMBANG’, RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(2).
Fitri, R., Asyikin, A.N. and Nugroho, A.S.B. (2017) ‘Pengembangan Sistem Informasi Desa untuk Menuju Tata Kelola Desa yang Baik (Good Governancce) Berbasis TIK’, 3, pp. 199–105.
Laksamana, K.M., Darwiyanto, E. and Kusumo, D.S. (2018) ‘VILLAGE RESOURCE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG TATA KELOLA DESA SUNDAWENANG, SUKABUMI, JAWA BARAT’, Charity, 1(1), p. 96. Available at: https://doi.org/10.25124/charity.v1i01.1586.
Nandana Sumarno, A. (2020) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI DESA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK DESA MANDONG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA, Efektivitas Sistem Informasi... Res Publica.
Rozi, F. and Listiawan, T. (2017) ‘PENGEMBANGAN WEBSITE DAN SISTEM INFORMASI DESA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG’, JIPI: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 2(2), pp. 107–112.
Saidah, N. et al. (2022) ‘Analisis Strategi Kesuksesan Kampung Digital Krandegan dalam Mendukung Program Smart Village’, Journal of Regional and Rural Development Planning, 6(2), pp. 123–135. Available at: https://doi.org/10.29244/jp2wd.2022.6.2.123-135.
Soewandhi, S.N. (2010) ‘SEBUAH PEMIKIRAN TENTANG DISEMINASI KARYA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PERGURUAN TINGGI INDONESIA’, Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah, 1(1), pp. 2–12.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.