BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS GRATIS DI DESA: PEMBELAJARAN MENYENANGKAN, BERMAKNA, KONTEKSTUAL, DAN BERKELANJUTAN

Penulis

  • Putu Eka Dambayana Suputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Kerti Nitiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suta Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

bahasa inggris dasar, pembelajaran, pendampingan

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD) merupakan pelajaran wajib semenjak pemberlakuan Kurikulum Merdeka sejak Tahun 2022, pelaksanaan serentak di seluruh Nusantara diharapkan rampung Tahun 2027. Namun, sebagian besar SD Negeri di Bali pada khususnya, dan di Indonesia pada umumnya kekurangan tenaga pendidik berkualiifikasi Bahasa Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris. Bahkan karena hal ini, sebagian besar SD Negeri tidak melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris. Padahal, penguasaan ilmu, pengetahuan, sikap, dan keterampilan Bahasa Inggris sangat penting dalam persaingan global. Terlebih dengan pesatnya perkembangan pariwisata dunia, Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dunia sangat perlu dikuasai oleh generasi mendatang sedari dini. Program Pendampingan dan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris di SD di beberapa desa di wilayah Bali Utara telah dilaksanakan sejak Tahun 2018 guna menjawab tantangan pemerataan pembelajaran Bahasa Inggris dimaksud. Minimal, upaya ini menyiapkan ilmu, pengetahuan, sikap dan keterampilan Bahasa Inggris para siswa pada tingkat satuan pendidikan berikutnya melalui bimbingan belajar yang menyenangkan, bermakna, dan kontekstual.

Referensi

Andreani, W, dan Ying, Y. (2019). “Pow pow” interactive game in supporting English vocabulary learning for elementary students. The 4th International Conference on Computer Science and Computational Intelligence 2019 (ICCSCI), 12–13 September 2019

Bshara, T. R. K., Barahmeh, M. Y., and Turkman, J. M. H. (2021). The influence of music and educational songs on EFL students' achievement from their teachers' perspective in Jenin Region. African Educational Research Journal, 9(2): 728-738.

Carrillo, C., & Flores, M. A. (2020). COVID-19 and teacher education: a literature review of online teaching and learning practices. European Journal of Teacher Education, 43(4), 466–487. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1821184

Harlina, H.,& Yusuf, F., N.. (2020). Tantangan belajar bahasa Inggris di sekolah pedesaan. https://ejournal.upi.edu/index.php/jer/article/download/28191/13762

Huh K, Lee J. Fostering creativity and language skills of foreign language learners through SMART learning environments: Evidence from fifth‐grade Korean EFL learners. TESOL J. 2019;e489. https ://doi.org/10.1002/tesj.489

Isnaini, S, dan Aminatun, D. (2021). Do You Like Listening to Music?: Students’ Thought on Their Vocabulary Using English Songs.. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(2), 62-67

Khulel, B. (2021). Teaching English For Young Learners In Rustic Area: Teachers’ Challenges

Kilag, O. K. T., Malbas, M.H., Arcillo, M.T., Barcena, M.C. (2023). The Role of YouTube Children's Educational Videos in Enhancing Early Childhood English Language Proficiency: An Investigation of Parental Perceptions. International Journal of Scientific Multidisciplinary Research (IJSMR) Vol.1, No.7, 2023: 833-846. DOI: https://doi.org/10.55927/ijsmr.v1i7.3545

Lestari, B, Mustadi, A. (2020) Animated Video Media vs Comic on Storytelling Skills for Fifth-Grader: Which One is More Effective? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 167-182. DOI:http://dx.doi.org/10.17478/jegys.664119

Rahmani, E.F. (2020). The Benefits of Gamification in the English Learning Context. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 7(1), 32-47. doi:10.15408/ijee.v7i1.17054

Saldiraner, G., & Cinkara, E. (2021). Using Songs in Teaching Pronunciation to Young EFL Learners. PASAA, 62, 119-141.

Sinaga, R. R. F. & Oktaviani, L. (2020). The Implementation of Fun Fishing to Teach Speaking for Elementary School Students. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(1), 1-6.

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Torras-Vila, B. (2021). Music as a tool for foreign language learning in Early Childhood Education and Primary Education. Proposing innovative CLIL Music teaching approaches. CLIL Journal of Innovation and Research in Plurilingual and Pluricultural Education, 4(1), 3547. https://10.5565/rev/clil.60

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##