PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS AI BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN BULELENG
Kata Kunci:
Pembelajaran Digital, Artificial Intelligence (AI), Modul Ajar, Pembelajaran Matematika Inovatif, MGM, Kearifan LokalAbstrak
Tujuan PKM ini untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pada guru-guru MGMP Matematika Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan menggunakan AI, khususnya menyusun Modul Ajar berbasis AI. Metode PKM ini adalah workshop yang dilanjutkan pendampingan, dengan tahapan: (1) Persiapan; (2) Workshop; (3) Pendampingan; (4) Evaluasi. Instrumen evaluasi terdiri dari (a) Angket pemahaman, (b) Lembar penilaian Produk Modul Ajar. Peserta kegiatan ini adalah 30 orang Guru-Guru MGMP Matematika dan dua orang mahasiswa. Hasil pengetahuan awal guru-guru menunjukkan 30% guru sudah pernah menggunakan AI dan 70% belum pernah. Guru yang sudah pernah menggunakan AI hanya baru sebatas membantu persiapan guru dan belum digunakan di kelas. Pelatihan dan pendampingan berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan AI serta mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika, dengan rata-rata skor pemahaman sangat tinggi (83,6);(2) skor rata-rata motivasi sangat tinggi (43 dari skor maksimum 50), dan (3) Kuualitas modul ajar berbasis AI sangat baik (skor rata-rata 88,6).
Referensi
I. G. P. Sudiarta, Pembelajaran Matematika Inovatif Abad-21, 1 vol. Surabaya Indonesia: Penerbit Pàramita, 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://www.penerbitparamita.com
I. G. P. Sudiarta, I. N. Sukajaya, dan G. P. Suharta, “Investigation on students’ mathematical online discussion: A case study in grade 8 SMPN 1 Denpasar,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1040, hlm. 012031, Jun 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1040/1/012031
I. G. P. Sudiarta dan I. W. Sadra, “Pengaruh Penerapan Model Blended Learning Berbantuan Whiteboard Animation Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa SMP,” dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 2016, hlm. 81–88. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/PM-12.pdf
I. M. G. Sukawijaya dan I. G. P. Sudiarta, “Developing blended learning environment to improve learning performance and self-reliance for junior high school students,” dalam Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 2018, hlm. 012030. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1040/1/012030/meta
A. A. G. Agung dan I. G. P. Sudiarta, “Developing School Management Model Based on Balinese Local Wisdom,” dalam 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017), Atlantis Press, 2017, hlm. 159–165. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.atlantispress.com/proceedings/icirad-17/25882144
A A G Agung, I G P Sudiarta, dan I K Donder, Manajemen Sekolah Berbasis Kearifan Lokal Budaya Bali, 1 ed. Paremita, 2020. [Daring]. Tersedia pada: http://www.penerbitparamita.com
Bergeron, G. (1999). Rapid Appraisal Methods for the Assessment, Design, and Evaluation of Food Security Programs. Dalam International Food Policy Research Institute (hlm. 49). Diambil dari https://www.rmportal.net/framelib/rapid-appraisalmethods.pdf
K.-D. Su, “Implementation of Innovative Artificial Intelligence Cognitions with Problem-Based Learning Guided Tasks to Enhance Students’ Performance in Science,” J. Balt. Sci. Educ., vol. 21, no. 2, hlm. 245–257, 2022.
I García-Martínez, J. M. Fernández-Batanero, J. Fernández-Cerero, dan S. P. León, “Analysing the Impact of Artificial Intelligence and Computational Sciences on Student Performance: Systematic Review and Meta-Analysis,” J. New Approaches Educ. Res., vol. 12, no. 1, hlm. 171–197, 2023.
A. S. Mohammed, “Examining the Implementation of Artificial Intelligence in Early Childhood Education Settings in Ghana: Educators’ Attitudes and Perceptions towards Its Long-Term Viability,” 2023. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://eric.ed.gov/?id=ED634165
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.