PELATIHAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PERSURATAN PADA DESA ANTIGA KARANGASEM
Kata Kunci:
Layanan, TI, Sistem Persuratan, Antiga, MobileAbstrak
Transparansi dan kecepatan layanan administrasi desa menjadi kunci untuk kesejahteraan masyarakat. Desa Antiga menghadapi tantangan dalam pengurusan administrasi, terutama bagi perantauan. Permasalahan berpotensi menghambat akses layanan publik. Penerapan teknologi diperlukan untuk meningkatkan efisiensi layanan administrasi desa. P2M dilakukan dengan analisis masalah, perumusan solusi, dan pengembangan aplikasi sistem informasi persuratan. Tahapan kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan perangkat desa, dan pendampingan sistem. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test dan hasil nilai pre-test meningkat dari 2,51 menjadi 3,30 pada saat post-test. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat lebih memahami dan merasa puas dengan sistem administrasi baru yang diterapkan. Pelatihan dan dukungan berkelanjutan bagi perangkat desa sangat penting. Dengan sistem yang optimal, diharapkan pelayanan administrasi dapat lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Referensi
Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(3), 325. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3964
Admojo, F. T., & Saputra, L. A. (2022). Analisis Sistem Keuangan Desa (SISKEUDes) di Kecamatan Muara Sugihan Menggunakan Metode Black Box Testing. Jurnal Teknologi dan Informatika, 12(2), 141–152.
Desmayani, N. M. M. R., Libraeni, L. G. B., Aristana, I. D. G., Pratiwi, N. W. A. D., & Mahendra, G. S. (2024). Perancangan Logo dan Pelatihan Media Sosial pada Usaha Penjualan Ayam Betutu Paon Mesari di Desa Kertalangu. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.59458/jwl.v4i1.65
Desmayani, N. M. M. R., Nugraha, P. G. S. C., Wardani, N. W., & Mahendra, G. S. (2022). Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM The Sleepy Jon Gianyar Bali. Jurnal Widya Laksmi, 2(1), 15–20.
Iskandar, A. H. (2020). SDGs DESA: Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Kusuma, A. S., Muku, I. D. M. K., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. K., Mahendra, G. S., & Desmayani, N. M. M. R. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk untuk Menunjang Strategi Pemasaran Bagi IKM Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 216–225. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.896
Libraeni, L. G. B., Willdahlia, A. G., Mahendra, G. S., Wardani, N. W., & Nugraha, P. G. S. C. (2022). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan Pada Toko Kue Dapur Friska. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JURPIKAT), 3(2), 255–265. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.973
Mahendra, G. S., Indrawan, I. P. Y., & Surya Cipta Nugraha, P. G. (2022). Pelatihan Peningkatan Pemahaman Penggunaan Facebook dan Instagram pada Kelompok Petani Vanili dalam Penyebaran Informasi Pertanian. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(1), 221–232. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.98
Mahendra, G. S., & Nugraha, P. G. S. C. (2021). Pelatihan Perangkat Desa dalam Penggunaan Sistem Pengaduan Online Berbasis Web (EC-Resolver) Untuk Menuju Desa Digital. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 918–929. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4481
Mardinata, E., Cahyono, T. D., & Rizqi, R. M. (2023). Transformasi Digital Desa Melalui Sistem Informasi Desa (SID): Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4402
Paramitha, A. A. I. I., Mahendra, G. S., & Artana, I. M. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Internet Marketing Bagi UMKM Sokasi di Desa Tigawasa. Jurnal Karya Abdi, 4(2), 276–283. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10536
Putra, I. N. A. S., Kusuma, A. S., Willdahlia, A. G., Putra, D. D. U., Sutarwiyasa, I. K., Putra, P. S. U., … Mahendra, G. S. (2022). Pelatihan Fotografi (Motrek) Bagi Guru SMP Dalam Upaya Revitalisasi Bahasa Daerah Untuk Tunas Bahasa Ibu di Balai Bahasa Provinsi Bali. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 549–558. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i3.962
Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Deepublish.
Wiradika, I. N. I., Mahendra, G. S., & Kusumayani, N. M. N. (2023). Pengembangan Karakter Kebekerjaan dengan Kerangka Profil Pancasila dan Budaya Kerja. Community Development Journal, 4(2), 4302–4308. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15678
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.