LITERASI DIGITAL BAGI SISWA SMA/SMK DI KOTA SINGARAJA MENUJU GENERASI CAKAP DIGITAL

Penulis

  • I Made Pradana Adiputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anantawikrama Tungga Atmadja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Nyoman Sri Werastuti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi digital, SMA/SMK, cakap

Abstrak

Setiap individu pada berbagai usia telah memahami peran digital dalam kehidupannya, tapi setiap usia memiliki pemahaman yang berbeda dalam menghadapi derasnya dinamika informasi dan komunikasi di era tersebut. Hal tersebut ternyata malah dibarengi dengan berbagai permasalahan yang timbul sebagai dampak digitalisasi. Permasalahan terrsebut berdampak pada sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara Terdapat hal yamg diindikasikan tentang literasi digital bahwa perubahan jaman tidak dapat ditolak khususnya pemahaman generasi Z atas literasi digital. Tujuan PKM adalah untuk meningkatkan pemahaman literasi digital dilihat dari perspektif psikolgi, jurnalistik dan etika komunikasi oleh siswa SMAN 3, SMAN 4 dan SMKN 1 Singaraja. Hasil kegiatan PKM menunjukkan tambahan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam melakukan literasi digital dan bermedia sosial secara komunikatif dan informatif pada penggunaan media secara bertanggungjawab dari materi yang diberikan selama kegiatan PKM ini. Siswa dapat ber-literasi digital yang baik dan benar berdasarkan sumber resmi informasi yang valid dan terpercaya.

Referensi

Anshari, Alif Arifzan. (2022). Studi Kasus Adaptasi Generasi X Dan Generasi Z Terhadap Penggunaan Aplikasi Grab Dan Gojek Di Kota Malang. Lorong: Media Pengkajian Sosial Budaya 11 (1): 44–57.

Badri, Muhammad. (2022). Pribumi Digital Moderat: Profil Kecakapan Komunikasi Digital Generasi Z. Jurnal Riset Komunikasi 5 (2): 291–303.

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey&Company. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implications-for-companies

Mendrofa, W. . (2022). Dampak Literasi Digital Bagi Remaja.

Pranata, W. ., Sa’adah, T. ., & Maulana, M. . (2023). Media Sosial Sebagai Platform Digital Pemicu Ketidakstabilan Kecemasan Generasi Z. Prosiding Seminar Nasional UNESA, 681–686.

Priambodo, C. ., & Setiawan, H. . (2022). Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Siswa SMK Ki Hajar Dewantoro. Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(2), 138–145.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##