OPTIMALISASI AIR TERJUN PELISAN SEBAGAI WISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA LANGGAHAN

Penulis

  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

waterfall, community-based tourism, langgahan village

Abstrak

Desa Langgahan memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan untuk dapat menambah pendapatan Masyarakat disekitarnya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan destinasi wisata air terjun Pelisan dan sekitarnya menjadi wisata spiritual dan wisata alam denganmengoptimalkan keterlibatan masyarakat.. Peserta kegiatan adalah para pemangku, pengempon pura, pengurus desa adat, ibu-ibu PKK dan Pokdarwis Desa Langgahan. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah Particiatory Action and Learning System (PALS) dengan tahapan yaitu fase penyadaran (awareness), fase pengkapasitasan (capaciting), fase pendampingan (scaffolding), dan fase pelembagaan (institutionalization). Hasil kegiatan adalah telah terlaksananya (1) FGD tata cara pengklukatan di Air Terjun Pelisan bersama pemangku, pengempon pura dan pengurus desa adat, (2) telah dibuat produk olahan dari jeruk yaitu selai dan manisan jelly oleh ibu-ibu penggerak PKK, dan (3) telah dibuatkan media sosial sebagai promosi wisata Desa Langgahan bersama Pokdarwis. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pelestarian air terjun pelisan serta peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Referensi

Alam, T. K. (2013). Pengertian Pariwisata.

Gabriella, F., Rasyidin, N., Roxanne, R., & Parani, R. (2023). Eksplorasi Nilai Budaya Melukat Dalam Pariwisata Berkelanjutkan, Perspektif Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(3), 730–733.

Kamvysselis, M. I. K. (2023). Melukat: Exploring the Educational Significance of Purity in Balinese Ritual Practices and Religious Leadership Development. Journal of Education and Learning, 12(5), 102–116.

Nusabali. (2024, April 13). Kunjungan Wisatawan ke Kintamani Melonjak. Nusabali. https://www.nusabali.com/berita/165022/kunjungan-wisatawan-ke-kintamani-melonjak

Rahman, W., Herdiyanti, H., Azizah, J., Asir, M., & Wijayanto, G. (2024). Eksplorasi strategi pemasaran media sosial yang sukses dalam meningkatkan interaksi merek dengan konsumen di era digital. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 355–363.

Sriarumtias, F. F., Nafisah, F. N., & Gozali, D. (2019). Splash Mask Formulation of Tangerine (Citrus reticulata Blanco) Peel extract as an antioxidant. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari, 10(2), 205–219.

Yakup, A. P., & Haryanto, T. (2019). Pengaruh pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bina Ekonomi, 23(2), 39–47.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##