PELATIHAN PENGEMBANGAN LKPD INTEGRASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI GURU-GURU SMP NEGERI 2 SAWAN
Kata Kunci:
LKPD, teknologi, sumber belajarAbstrak
LKPD digunakan untuk memandu peserta didik belajar. Tulisan ini bertujuan untuk mendecripsikan dan menjelaskan hasil-hasil pelatihah pembuatan LKPD dengan pengintegrasian teknologi dan sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah. Pelatihan ini melibatkan 35 orang guru SMP Negeri 2 Sawan Buleleng Bali. Kegiatan pelatihan terdiri atas lima langkah pokok, yaitu: 1) penyampaian informasi dan diskusi tentang pengembangan LKPD, 2) indentifikasi topik materi LKPD relevan, 3) pengembangan draf LKPD, 4) peninjauan draf LKPD, dan 5) finalisasi LKPD. Hasil-hasil pelatihan ini menunjukkan: 1) Ada 12 LKPD yang dikembangkan guru kelompok materi, yaitu: a) Pendidikan Agama Hindu, b) Bahasa Indonesia, c) Bahasa Inggris, d) PPKn, e) PJOK, f) Kesenian dan Prakarya, g) Teknologi Informasi, h) Bahasa Bali, i) Matematikas, j) Bimbingan Konseling, k) IPA, dan l) IPS; 2) Tiap-tiap LKPD dikembangan dengan konponen berbeda; 3) Teknologi yang digunakan dalam pembelajaran berupa hand phone; dan 4) Sumber belajar yang digunakan berupa tumbuhan, burung, dan peserta didik.
Referensi
Anggraena, Y., D. Ginanto. N. Felicia. A. Andiarti, I. Herutami, L. Alhapip, S. Iswoyo, Y. Hartini, & R. L. Mahardika. 2022. Panduan Belajar dan Asesmen Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Amalia, I. N. F., M. V. Roesminingsih, & M. T. Yan. 2022. Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(5): 8154 – 8162.
Firdaus, M. & I. Wilujeng. 2018. Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1): 26-40.
Handoko, S. B., Sumanta, & Karman. 2022. Konsep Pengembangan Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6): 11275-11286.
Hartono, M. 2022. Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Binur University, Faculty of Humanities. https://pgsd.binus.ac.id/2022/12/17/profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/#:~:text=Pelajar%20Pancasila%20adalah%20perwujudan %20pelajar, royong%2C%20mandiri%2C%20bernalar%20kritis%2C
Nurwidodo, I. Hindun, N. Mahmudati, & Iswanto. 2022. Pemanfaatan Kebun Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Siswa pada Materi Biologi. Jurnal Solma. 11(1): 79-91.
Rahayu, R, S. Inkandar, & Y. Abidin. 2022. Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnalbasicedu. 6 (2): 2099-2104.
Rahmawati. L. H. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantorn (JPAP). 8(3): 504-515.
Samsinar, S. 2019. Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 13(2): 194-205.
Subagia, I W. 2022. Strategi dan Desain Pembelajaran Kimia. Singajara: Undiksha Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.