PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL UNTUK GURU-GURU PEMBINA OLIMPIADE MATEMATIKA DI SMAN 2 BANJAR

Penulis

  • Putu Kartika Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sugiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Irvina Restu Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

olimpiade matematika, penyegaran materi, pelatihan pengembangan soal

Abstrak

Investasi sumber daya manusia dalam bidang olimpiade matematika juga harus difokuskan pada guru pembina kelompok siswa penggemar (KSP) matematika. Guru secara berkelanjutan perlu mendapatkan penyegaran materi olimpiade, sehingga guru dapat membina siswa dengan memberikan pengetahuan serta strategi dalam menyelesaikan soal olimpiade. Selain itu, guru juga perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan soal latihan yang memiliki standar yang sama dengan soal olimpiade matematika untuk dapat memfasilitasi siswa berlatih. Kegiatan penyegaran materi dan pelatihan pengembangan soal olimpiade matematika untuk Guru-guru SMAN 2 Banjar diselenggarakan untuk mendukung guru dalam melaksanakan pembinaan olimpiade matematika yang berkualitas. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. Peserta pelatihan memberikan respon yang sangat baik, hal itu tercermin dari keaktivan peserta dalam mendiskusikan pembahasan soal olimpiade dan berbagi ide dalam memodifikasi soal olimpiade matematika yang telah ada. Hal tersebut juga ditunjukkan dengan rata-rata skor respon peserta sebesar 46,33 yang berada dalam katagori sangat baik. Berdasarkan hasil evaluasi tugas peserta dalam mengembangkan soal standar olimpiade dapat disimpulkan bahwa guru telah menguasai kemampuan mengembangkan soal dengan memodifikasi soal olimpiade yang telah ada namun belum menunjukkan kemampuan untuk mengembangkan soal yang orisinil. Oleh karena itu diperlukan pelatihan atau workshop lanjutan yang menekankan pada pemahaman konsep matematika serta teorema terkait sehingga guru dapat mengembangkan soal standar olimpiade yang orisinil.

Referensi

Agustinsa, R., & Siagian, T. A. (2023). Pembinaan persiapan kompetisi sains bidang matematika jenjang SMA/MA Tahun 2021. Jurnal Abdimas Bencoolen, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.33369/abdimas.v1i1.30820

Ambarwati, L., Meganingtyas, D., & Susilo, W. (2020, December 20). Pengembangan kompetensi guru matematika melalui pelatihan pengembangan soal-soal olimpiade matematika tingkat sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM).

Arnellis, A., Jamaan, E. Z., & Amalita, N. (2018). Efforts to Improve Mathematics Teacher Competency Through Training Program on Design Olympiad Mathematics Problems Based on Higher Order Thinking Skills in The Junior High School. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335, 012118. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012118

Astawa, I. W. P. (2009). Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika peserta olimpiade matematika sekolah dasar di Provinsi Bali. Wahana Matematika Dan Sains, 6(12), 173–188.

Prawoto, B. P., Sulaiman, R., Savitri, D., & Fardah, D. K. (2019). Pelatihan pendamping olimpiade matematika SMP Kabupaten Tulungagung. Jurnal ABDI, 5(1), 21–24.

Tohir, M. (2019a). Keterampilan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika berdasarkan level metakognisi. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.1-14

Tohir, M. (2019b). Peningkatan kompetensi guru pembina olimpiade matematika siswa sekolah menengah pertama Kabupaten Madiun. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 199–226. https://doi.org/10.35316/assidanah.v1i2.587

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##