OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN INOVATIF UNTUK GURU SD GUGUS 2 TEJAKULA
Kata Kunci:
Asesmen Berdiferensiasi, Gaya belajar, Pembelajaran sekolah dasarAbstrak
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pedagogis yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dalam satu kelas, baik dari segi kesiapan, minat, maupun gaya belajar siswa. Hal ini menjadi tantangan bagi guru, terutama dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif dan efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran berdiferensiasi melalui pelatihan dan pendampingan inovatif bagi guru SD Gugus 2 Tejakula. Program pelatihan ini mencakup pemahaman teoretis dan aplikasi praktis dalam menyusun strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Metode yang digunakan meliputi pelatihan interaktif, studi kasus, simulasi, dan pendampingan secara langsung di kelas. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, yang berdampak pada peningkatan partisipasi siswa serta hasil belajar yang lebih optimal. Kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi model implementasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar lainnya.
Referensi
Archer, A., & Hughes, C. (2011). Exploring the new literacy studies in the classroom. Pergamon Press
Azizi, S., & Rahimi, M. (2022). The Effectiveness of Interactive Videos on Vocabulary Learning of Iranian Elementary School Students. International Journal of Research in English Education, 5(2), 123-134.** https://www.researchgate.net/publication/301340668_The_effect_of_video_games_
Jamal, N., & Arshad, R. (2023). The Impact of Interactive Videos on Vocabulary Learning and Motivation of Elementary School Students in Pakistan. The Turkish Online Journal of Educational Research, 14(3), 547-560. https://tojdel.net/journals/tojdel/articles/v10i01/v10i01-06.pdf
Trianto, A. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Warsono, S. W., & Sunendar, I. (2020). The Effectiveness of Interactive Videos to Enhance Vocabulary Acquisition of Elementary School Students in Indonesia: A Systematic Review. International Journal of Research in Education and Science, 7(2), 245-256. https://www.konsistensi.com/2014/03/mengatasi-angkettidak-valid.html
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.