PENGUATAN PERAN STAKEHOLDER PAUD DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL YANG BERKUALITAS DI TK NEGERI TUKADMUNGGA

Penulis

  • Rahutama Atidira Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anjar Tri Astuti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Agus Galih Setyawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Citra Mediani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Ngurah Arya Yudistira Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

peran stakeholder, pembelajaran digital, PAUD

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang peran stakeholder Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas pada Guru PAUD. Kegiatan ini melalui 4 tahap, yaitu (1) tahap pemberian materi tentang penguatan peran stakeholder PAUD (2) tahap pemberian edukasi manajemen tata kelola (3) tahap sharing dan diskusi (4) tahap evaluasi post kegiatan. Hasil kegiatan menggunakan penilaian skala likert yang terdiri dari pengetahuan dan keterampilan peserta dengan nilai >3,20, berada pada kategori baik. Target luaran yang ingin dicapai adalah para Guru PAUD mendapatkan pengetahuan keterlibatan stakeholder dan perannya dalam meningkatkan kualitas PAUD melalui pembelajaran berbasis digital. PAUD merupakan wadah dalam bidang pendidikan untuk membentuk karakteristik anak yang berkualitas melalui guru. Guru PAUD yang memahami merupakan perantara penyelenggara pendididikan anak usia dini dapat memenuhi upaya pengembangan anak tidak hanya secara kognitif, tetapi juga psikomotor dan afektif.

Referensi

Aisah, D. S., Ulfah, U., Damayanti, W. K., & Barlian, U. C. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397

Kemendikbud RI, 2016, Petunjuk Teknis penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD 2015, Direktorat PPAU Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta.

Mou, L., Mahmud, N., & Agustan Arifin, A. (2021). Kajian Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 140–149. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2264

Profil Desa Tukadmungga, 2024.

Profil TK Negeri Tukadmungga, 2024.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Rokhadi. (2021). Peran dan strategi kepemimpinan kepala paud, dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pan

Sari, M. N. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di PAUD PGTK IT Harapan Mulia. Jurnal Literasi, VIII(2), 111–118. Sudjana, D. (2010). Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production

Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran ( Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong ). TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1).

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##