PEMANFAATAN APLIKASI DIAGNOSTIC MULTIPLE INTELLIGENCES SYSTEM (DMIS) PADA GURU-GURU SMP
Kata Kunci:
diagnostik, multiple intelligences, diferensiasiAbstrak
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu tuntutan yang mesti dikuasai oleh para guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil analisis situasi bahwa guru-guru masih mengalami kesulitan dalam mendiagnosa pengetahuan, bakat, minat, dan aspek lainnya pada diri peserta didik. Keterbatasan ini disebabkan oleh terbatasnya instrumen termasuk teknologi yang dapat digunakan untuk mendiagnosa peserta didik secara efektif dan efisien. Tujuan pelatihan adalah melatih guru-guru dalam menggunakan aplikasi Diagnostic Multiple intelligences System (DMIS). Khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah guru-guru SMP Negeri 4 yang berjumlah 30 orang. Pelatihan diberikan dengan metode ceramah, diskusi, dan praktik. Peningkatan keterampilan guru diukur menggunakan metode observasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru mampu menggunakan aplikasi DMIS untuk mendiagnosa ragam kecerdasan peserta didik. Hasil diagnosa tersebut dapat digunakan guru sebagai acuan merancang pembelajaran berdiferensiasi.
Referensi
Buzan, T. (2005). Brain Child: Cara Pintar Membuat Anak Jadi Pintar. Gramedia Pustaka Utama.
Gardner, H. (2017). Taking a multiple intelligences (MI) perspective. In The Behavioral and brain sciences (Vol. 40). https://doi.org/10.1017/S0140525X16001631
Guney, Z. (2019). Considerations for human-computer interaction: User interface design variables and visual learning in IDT. Cypriot Journal of Educational Sciences, 14(4), 731–741. https://doi.org/10.18844/cjes.v11i4.4481
Harfoushi, O. (2017). Influence of Cloud Based Mobile Learning Applications on User Experiences: A Review Study in the Context of Jordan. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 11(4), 202–211. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i4.6938
Sudarma, I. K., Pudjawan, K., & Prabawa, D. G. A. P. (2020). Pelatihan strategi pembelajaran berorientasi multiple intelligences bagi guru-guru SD. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Di Era Kebiasaan Baru.
Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembelajaran berorientasi multiple intelligences bagi guru-guru TK di kecamatan buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Dan Daya Saing Bangsa.
Syahrowiyah, T. (2016). Pengaruh metode pembelajaran praktik terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IV sekolah dasar. Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1–18.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.