PELATIHAN CODING BAGI GURU-GURU SMPN I SINGARAJA UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Penulis

  • Gede Suweken Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Puja Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sukajaya Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

characteristics gap, engagement, coding scratch

Abstrak

Masalah utama pmbelajaran saat ini adalah sulitnya melibatkan siswa ke dalam pembelajaran. Banyak upaya sebenarnya sudah dilakukan guru untuk meningkatkan keterlibatan ini. Namun demikian hasilnya belum terlalu signifikan, dimana-mana guru mengeluh sulitnya mengajak siswa berpikir, tidak tekun dan ingin cepat selesai, kurang konsentrasi, dan cepat lupa (daya ingatnya pendek). Dilihat dari tahun kelahiran siswa, kebanyakan siswa SMP saat ini adalah siswa generasi-α. Siswa-siswa ini adalah anak-anak yang digital-native. Banyak penelitian menunjukkan bahwa characteristics gap antara guru yang digital immigrants dan siswa yang digital natives adalah penyebab dari engagement siswa yang rendah ini. Untuk memperkecil gap tersebut, yang pada gilirannya akan meningkatkan engagement siswa dalam pembelajaran, maka kegiatan pengabdian ini diusulkan. Pada kegiatan ini, guru-guru akan dilatih memprogram computer atau coding dengan menggunakan bahasa pemrograman visual Scratch atau variannya. Targetnya, guru akan mampu mengintegrasikan coding ke dalam pembelajaran, dan dengan pengintegrasian ini keterlibatan siswa dapat ditingkatkan.

Referensi

Calao, Luis Alberto, et.al. Developing Mathematical Thinking with Scratch, An Experiment with 6th Grade Students.  Springer International Publishing Switzerland 2015, DOI: 10.1007/978-3-319-24258-32.

Calder, Nigel. 2010. Using Scratch: An Integrated Problem Solving Approach to Mathematical Thinking. APCM 15(4)2010.

Computing At School. 2014. Computing in the national curriculum. A guide for secondary teachers. UK: NAACE.

Papert, Seymour. 1999. Logo Phylosophy and Implementation. Logo computer System Inc.

Papert, Seymour and Idit Harel. 2002. Situating Constructionism. Digital Nations: MIT Media Lab.

Prensky, Marc. 2001. Digital Natives, Digital Immigrant. (From On the Horizon (MCB University Press, Vol. 9 No. 5, October 2001)

Prensky, Marc. 2009. Teaching Digital Natives. Partnering for Real Learning. UK: Center for Excelence in Media Pratice.

Resnick, Mitchel, John Maloney, and Natalie Rusk. 2009. Scratch: Programming for All.

Communication of the ACM, November 2009. DOI: 10.1145/1592761.1592779

Small, Marian. 2017. Teaching Mathematical Thinking. New York: Teachers Colleges Press.

William, Heidi. 2017. No Fear Coding. Computational Thinking Across The K5 Curriculum. USA: ISTE.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##