E-STORYBOOKS UNTUK PEMBELAJARAN DI SD: PELATIHAN DAN BIMBINGAN TEKNIS
Kata Kunci:
young learners, e-story books, instructional media, elementary schoolAbstrak
Cerita dalam bentuk e-book, atau dikenal dengan e-storybooks merupakan salah satu media pembelajaran yang berpeluang dalam melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Penggunaan e-storybooks dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, dalam hal ini adalah anak-anak usia sekolah dasar Pengimplementasian e-storybooks merupakan bukti pentingnya peranan media dalam menyukseskan pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan terkait e-storybooks serta pemanfaatannya dalam pembelajaran dan dalam meningkatkan literasi peserta didik. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran pada sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Tejakula dengan pemanfaatan e-storybooks. Selain itu, melalui kegiatan ini, tim dapat melatih guru sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Tejakula dalam merancang aktivitas-aktivitas pembelajaran yang melibatkan penggunaan e-storybooks. Rangkaian kegiatan ini dimulai dari pelatihan mengenai e-storybooks, yang kemudian dilanjutkan ke pelatihan merancang aktivitas pembelajaran dengan memanfaatkan e-storybooks. Tahapan berikutnya yakni pendampingan dalam mengimplementasikan e-storybooks.
Referensi
Adriani, G. K. (2020). Pengembangan Buku Bergambar “Bilingual” Berbasis Budaya Yogyakarta Untuk Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 69–76.
Bus, A. G., Neuman, S. B., & Roskos, K. (2020). Screens, Apps, and Digital Books for Young Children: The Promise of Multimedia. AERA Open, 6(1), 233285842090149. https://doi.org/10.1177/2332858420901494
Christ, T., Wang, X. C., Chiu, M. M., & Cho, H. (2019). Kindergartener’s meaning making with multimodal app books: The relations amongst reader characteristics, app book characteristics, and comprehension outcomes. Early Childhood Research Quarterly, 47, 357–372. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.01.003
Darayani, D. (2022). Penggunaan media buku cerita bergambar (bcb) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i min 11 aceh tengah.
Dore, R. A., Hassinger-Das, B., Brezack, N., Valladares, T. L., Paller, A., Vu, L., Golinkoff, R. M., & Hirsh-Pasek, K. (2018). The parent advantage in fostering children’s e-book comprehension. Early Childhood Research Quarterly, 44, 24–33. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.02.002
He, S., Bus, A. G., Santiago, D. R. R., Mike, C. W. L., Ann, C. S., & Kerry, L. (2020). Animated Electronic Storybook and Children’s Mother Tongue Development: Tracing the Process and the Outcome with Eyetracking.
Hoel, T., & Tønnessen, E. S. (2019). Organizing Shared Digital Reading in Groups: Optimizing the Affordances of Text and Medium. AERA Open, 5(4), 1–14. https://doi.org/10.1177/2332858419883822
Korat, O., & Shamir, A. (2012). Direct and indirect teaching: Using e-books for supporting vocabulary, word reading, and story comprehension for young children. Journal of Educational Computing Research, 46(2), 135–152. https://doi.org/10.2190/EC.46.2.b
Marsh, J., Bishop, J., Yamada-Rice, D., & Lahmar, J. (2015). Exploring Play and Creativity in Pre-Schoolers’ Use of Apps: Final Project Report. October, 203. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1250.3763
Marwati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 451. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1174
Paramita, G. A. P. P., Gede Agung, A. A., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499
Rideout, V., & Robb, M. B. (2020). The Common Sense Census. Common Sense Media, 65. https://www.commonsensemedia.org/research/the-common-sense-census-media-use-by-kids-age-zero-to-eight-2020
Wu, Z., & Amzah, F. (2023). A comparative study on the effects of e-picture books and printed books on story comprehension and reading motivation among Chinese preschoolers. Forum for Linguistic Studies, 5(3), 1–14. https://doi.org/10.59400/fls.v5i3.1954
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.