PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL KELOMPOK REMAJA BERBASIS EKONOMI DIGITAL DI LKSA ANANDA SEVA DHARMA

Penulis

  • I Gusti Ketut Adi Winata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Dwita Atmaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Arya Putra Bharata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Wulan Sari Sanjaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Kata Kunci:

kewirausahaan, kewirausahaan sosial, ekonomi digital

Abstrak

Kewirausahaan bertujuan untuk menciptakan nilai baik melalui inovasi atau menanggung risiko dan konsep ini telah berkembang selama bertahun-tahun. Pesatnya kemajuan ICT dan teknologi digital telah merevolusi ekosistem kewirausahaan. Ekonomi digital dicirikan oleh industri dan bisnis yang menggunakan internet dan teknologi terkait untuk bisnis mereka. Meningkatnya adopsi alat digital dalam model bisnis menantang bentuk kewirausahaan tradisional. LKSA Ananda Seva Dharma juga mengajak anak asuhannya menjalankan sebuah usaha kecil menengah yang diberikan nama B’Onic. Usaha ini dijadikan wadah untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi remaja-remaja anak asuhan LKSA tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat di LKSA Ananda Seva Dharma, dilaksanakan dengan melakukan kegiatan pelatihan kewirausahaan sosial, pelatihan manajemen usaha, dan pelatihan penyusunan laporan keuangan serta pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis digital. Kegiatan ini mampu meningkatn pemahaman dan kemampuan kelompok B’ Onic dalam memahami konsep kewirausahaan sosial, pengelolaan persediaan dan penyusunan laporan keuangan usaha.

Referensi

Abubakre, M., Zhou, Y., & Zhou, Z. (2020). The impact of information technology culture and personal innovativeness in information technology on digital entrepreneurship success. In Information Technology & People. Emerald Publishing Limited.

Barefoot, K.; Curtis, D.; Jolliff, W.; Nicholson, J.R.; Omohundro, R. Defining and Measuring the Digital Economy; US Department of Commerce Bureau of Economic Analysis: Washington, DC, USA, 2018; Volume 15.

Ciriello, R. F., Richter, A., & Schwabe, G. (2018). Digital innovation. Business & Information Systems Engineering, Springer, 60(6), 563–569. doi:10.1007/s12599-018-0559-8

Ghatak, A., Chatterjee, S. & Bhowmick, B. (2020). Intention towards digital social entrepreneurship: An integrated model. Journal of Social Entrepreneurship, 1–21.

Hockerts, K. (2017). “Determinants of social entrepreneurial intentions,” Entrepreneurship Theory and Practice. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA, 41(1), 105–130.

Organization for Economic Co-operation and Development. Measuring the Digital Economy: A New Perspective; OECD Publishing: Paris, France, 2014. [CrossRef]

International Monetary Fund. Measuring the Digital Economy; IMF:Washington, DC, USA, 2018. Available online: https://www.imf.org/-/media/Files/Publications/PP/2018/022818MeasuringDigitalEconomy.ashx (accessed on 21 February 2023).

Yang, S., & Yi, Y. (2021). Effect of Technological Innovation Inputs on Global Value Chains Status. Journal of Global Information Management, 29(5), 37–54. doi:10.4018/JGIM.20210901.oa3

De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin

Roussev, B. (2003). Teaching introduction to programming as part of the IS component of the business curriculum. Proceedings of the InSITE 2003 Conference, 1353-1360. https://doi.org/10.28945/2714

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##