PELATIHAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DI SEKOLAH DASAR DESA SARI MEKAR KECAMATAN BULELENG

Penulis

  • I Nyoman Budayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Oka Riawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Purnama Bestari Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

STEM, Perancangan pembelajaran, sekolah dasar

Abstrak

Pembelajaran di sekolah hendaknya menekankan pada peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis, yang seyogyanya dimulai sejak dini. Ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi era perkembangan teknologi yang sangat tinggi. Peserta didik harus dibiasakan untuk menghadapi permasalahan yang kompleks, yang menyangkut berbagai bidang pengetahuan. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis STEM di sekolah dasar. Namun, belum banyak guru yang dapat mengimplementasikan pendekatan ini, sehingga diperlukan suatu pelatihan dalam perancangan pembelajaran berbasis STEM. Pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sari Mekar, Kec. Buleleng. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pemaparan materi, diskusi, simulasi, dan penugasan. Dari pelatihan yang sudah dilakukan diperoleh hasil bahwa beberapa guru sudah bisa merancang pembelajaran berbasis STEM dan menerapkannya pada pembelajaran di kelas serta sebagian besar siswa merasa senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran berbasis STEM yang diterapkan di sekolah.

Referensi

Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Analisis Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. © 2020-Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86.

Bruton, T. A., & Sedlak, D. L. (2017). Treatment of Aqueous Film-Forming Foam by Heat-Activated Persulfate Under Conditions Representative of In Situ Chemical Oxidation. Environmental Science & Technology, 51(23), 13878–13885. https://doi.org/10.1021/acs.est.7b03969

Oktavia, R. (2019). Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching. http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta.

Reeve, & M., E. (2015). STEM Thinking! Journal Technology and Engineering Teacher.

Setyawati, R. D., Pramasdyahsari, A. S., Astutik, I. D., Aini, S. N., Arum, J. P., Widodo, W., Nusuki, U., Salmah, U., & Zuliah, N. (2022). Improving Mathematical Critical Thinking Skill through STEM-PjBL: A Systematic Literature Review. International Journal on Research in STEM Education, 4(2), 1–17. https://doi.org/10.31098/ijrse.v4i2.1141

Suryani, K., Setia Utami, I., & Fitri Rahmadani, A. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3).

Pusat Prestasi Nasional. (2023). Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/MTs Tahun 2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta.

Ulfa, F. M., Asikin, M., & Karomah, N. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Model PjBL terintegrasi Pendekatan STEM.

Zuryanty, Hamimah, A K Kenedi, & Y Helsa. (2020). Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar. Penerbit Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##