PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS DASAR BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN DANA PUNIA BULELENG

Penulis

  • Ni Wayan Monik Rismadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Astiti Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Diota Prameswari Vijaya Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

basic English, interactive learning media, orphanage

Abstrak

Sebagai salah satu lembaga kesejahteraan sosial, tujuan dari pendirian panti asuhan yaitu untuk memberikan pelayanan, bimbingan, dan keterampilan kepada anak asuh agar menjadi manusia yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal ini maka fasilitasi di bidang pendidikan dalam hal ini keterampilan Bahasa Inggris sangatlah diperlukan. Pada kenyataannya, pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sehingga diperlukan waktu tambahan agar pembelajaran menjadi maksimal. Kemampuan Bahasa Inggris yang masih rendah disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya karena terbatasnya SDM yang kompeten dibidangnya. Motivasi yang rendah dan kurangnya minat terhadap pembelajaran bahasa Inggri yang masih menggunakan pendekatan konvensional juga menjadi contributor terhadap rendahnya kemampuan Bahasa Inggris. Pengabdian ini memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan mengintegrasikan media interaktif berbasis web yaitu Learn EnglishTeens by British Council ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris dasar yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak-anak di panti asuhan Dana Punia Buleleng. Tahapan kegiatan ini yaitu berupa pelatihan yang dilaksanakan satu kali dan dua kegiatan pendampingan. Dari hasil pelaksanaan kegiatan, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu anak-anak di panti asuhan dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Hal ini dapat dilihat dari evaluasi menyeluruh (skor tes dan unjuk kerja) untuk setiap aspek keterampilan bahasa yang dilakukan pada akhir kegiatan dimana anak-anak memperoleh skor yaitu >85 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi juga menunjukkan anak-anak mengikuti kegiatan dengan antusias yang direpresentasikan melalui partisipasi aktif ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat ditarik kesimpulan kegiatan pengabdian pelatihan dan pendampingan Bahasa Inggris dasar berbantu media pembelajaran interaktif berbasis web ini mencapai tujuan yang telah dirancang. Adapun luaran kegiatan ini yaitu berupa laporan akhir kegiatan, prosiding pada seminar nasional dan video dokumentasi.

Referensi

Cockerill, M., Thurston, A., & O’Keeffe, J. (2023). Using fluency and comprehension instruction with struggling readers to improve student reading outcomes in English elementary schools. International Journal of Educational Research Open, 5(July), 100264. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100264

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Game pada Panti Asuhan Al Maun di Desa Ngajum. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, September, 1725–1739.

Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R. (2015). Enhancing students’ learning process through interactive digital media: New opportunities for collaborative learning. Computers in Human Behavior, 51, 652–663. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.12.048

Gunawan, W., Suharti, S., Wiyarno, Y., Mastoah, I., PGRI Adi Buana Surabaya, U., Dukuh Menanggal XII, J., Menanggal, D., Gayungan, K., Sby, K., Timur, J., Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U., Jendral Sudirman No, J., Cipocok Jaya, P., Serang, K., & Serang, K. (2023). Development of Interactive Media for English Learning. Journal on Education, 05(03), 7747–7755.

Harlina, H., & Yusuf, F. N. (2020). Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 325–334. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.28191

Khashan, H. S., & AbuSeileek, A. F. (2023). The Effect of Using British Council BBC Learning English Application on the Tenth Grade EFL Students’ Listening and Speaking Skills and their Attitudes toward it. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 10(2), 39–62. www.jallr.com

Lindawati, N. W., Rismadewi, N. W. M., Permata, Y., Widiantana, I. K., & Gara, I. W. (2023). Improving Language Ability Through The Method Of Playing With Letters Flashcards Media. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 107–114.

Lubis, S. L., & Ritonga, F. U. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris pada Anak di Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian …, 2(1), 76–82. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i1.1473

Maharani, S. (2022). Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Akademika, 15(1), 70–75. https://doi.org/10.53564/akademika.v15i1.845

Maulidiana, M., Ina, I., & Suhardi, S. (2020). Analisis Kesulitan Pemahaman Membaca pada Mahasiswa Angkatan 2015 Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9, 1–9. https://doi.org/dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i7.41204

Putri, A., & Sya, M. F. (2023). Tantangan Berbicara Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karimah Tauhid, 2(2), 215–220.

Rismadewi, N. W. M. (2023). Identifikasi Kesulitan Membaca Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 8(1), 1–8. https://doi.org/https:/doi.org/10.23887/jurnal_bk.v8i1.1719

Rohi, S., & Muslim, S. (2023). Factors Influencing Classroom Participation: A Case Study of Undergraduate Students at Education Faculty, Paktia University. Journal for Research in Applied Sciences and Biotechnology, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.55544/jrasb.2.1.13

Runggo, Y., & Hendriyani, H. (2022). PELATIHAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN FLASHCARD PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 109–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/khidmatul.v3i01.2501

Sari, P. P., Ardianti, D., Schwartz, P. L., Mennin, S., Webb, G., & Subandowo, D. (2021). Implementation of Problem Based Learning ( PBL ) on interactive learning media. Jurnal of Technology and Humanities, 2(2), 24–30. https://jthkkss.com/

Shabur, M. A., & Siddiki, M. R. (2024). Investigating social media’s impact on the new era of interactive learning: A case study of Bangladesh. Heliyon, 10(4), e26234. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e26234

Syafutra, A., Bahing, Retsi, O. D., Ristati, & Fikri, M. S. (2023). Effect of British Council for Teens Website on Students’ Vocabulary at the Tenth Grade Students of SMAN-1 Palangka Raya. EBONY: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(2), 151–160. https://doi.org/10.37304/ebony.v3i2.8573

Tabassum, A., & Naveed, A. (2024). Interactive strategies for Enriching English as a Foreign Language (EFL) Vocabulary: A Comprehensive Exploration. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 11(1), 1–16. www.jallr.com

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##