PROGRAM STIMULASI KREATIVITAS PADA ANAK-ANAK PUTUS SEKOLAH MELALUI PEMBUATAN KARYA DIGITAL SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA DI DESA SUMBERKIMA

Penulis

  • I Putu Ngurah Wage Myartawan Universitas Pendidikan Ganseha
  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Santana Sembiring Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha
  • Muhammad Idris Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Anak Putus Sekolah, Keterampilan Digital, Promosi Pariwisata, Pemberdayaan Komunitas

Abstrak

Program Peningkatan Kreativitas Anak Putus Sekolah di Desa Sumberkima bertujuan untuk memberdayakan anak-anak putus sekolah melalui pelatihan keterampilan digital, sambil mendukung promosi pariwisata lokal, terutama di destinasi Gili Putih. Program ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, termasuk identifikasi peserta, pelatihan intensif dalam bidang fotografi, editing video, desain grafis, dan pemasaran digital. Selama pelatihan, peserta diajak membuat karya digital berupa video promosi, foto, dan desain grafis yang kemudian digunakan untuk mempromosikan pariwisata lokal. Karya-karya digital ini dipromosikan melalui media sosial dan acara lokal dengan kolaborasi antara peserta, pemerintah desa, dan pelaku industri pariwisata. Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta dan dampak positif terhadap promosi pariwisata Desa Sumberkima. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri peserta, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan sektor pariwisata lokal.

Referensi

Bratu, R., & Dumitrescu, L. (2018). Digital Storytelling as a Tool for Enhancing the Tourist Experience. Sustainability, 10(9), 3180. https://doi.org/10.3390/su10093180

Lee, S., & Law, R. (2018). The Role of User-Generated Content in Online Travel Information Search. Journal of Travel Research, 57(8), 1058-1073. https://doi.org/10.1177/0047287517716454

Kurniawan, A., & Susanto, E. (2020). The Role of Digital Technology in Empowering Villages in Indonesia: A Review. Journal of Rural Studies, 76, 97-108. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.05.006

Schmallegger, D., & Carson, D. (2008). Blogs in Tourism: Changing Approaches to Information Exchange. Journal of Vacation Marketing, 14(2), 99-110. https://doi.org/10.1177/1356766707087298

Hsu, C., & Lin, J. (2019). Applying Social Media for Digital Marketing in Tourism: A Case Study of Taiwanese Destinations. International Journal of Tourism Research, 21(1), 89-100. https://doi.org/10.1002/jtr.2234

Lyu, J., & Koo, C. (2020). Examining the Effectiveness of Content Marketing through User-Generated Content: The Case of Destination Promotion. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 11(3), 451-465. https://doi.org/10.1108/JHTT-09-2019-0101

Wang, D., & Fesenmaier, D. (2019). Transforming the Tourism Experience through Social Media: A Case of the Chinese Market. Tourism Management, 29(3), 300-311. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.10.016

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##