PELATIHAN PEMBUATAN RANCANGAN, MEDIA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS AI BAGI GURU DI SKB BULELENG

Penulis

  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganseha
  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Istri Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Suarcaya Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Cultural Studies, AI, Pendidikan SMA, Sosial Huamniora

Abstrak

Program Penerapan IPTEKS ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran rumpun ilmu sosial dan humaniora di tingkat SMA di Kabupaten Buleleng melalui pelatihan guru dalam penerapan kajian Cultural Studies berbasis kecerdasan buatan (AI). Program ini menggabungkan pendekatan interdisipliner Cultural Studies dengan teknologi AI untuk mempersonalisasi pembelajaran, meningkatkan partisipasi siswa, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena sosial-budaya. Pelatihan melibatkan beberapa sesi yang mencakup pengenalan teori Cultural Studies, penggunaan aplikasi berbasis AI, hingga penerapan praktis di kelas. Guru-guru dilatih untuk merancang rencana pembelajaran berbasis kajian budaya yang relevan dengan konteks lokal dan global. Evaluasi program menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap Cultural Studies dan penggunaan AI, serta partisipasi siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran. Metode ini berhasil membuat pembelajaran lebih adaptif dan relevan dengan kebutuhan siswa serta tantangan sosial-budaya yang mereka hadapi.

Referensi

Anderson, T., & Whitelock, D. (2020). The Role of Artificial Intelligence in Education: Current Progress and Future Prospects. Journal of Interactive Media in Education, 2020(1), 1-9.

Blikstein, P., & Worsley, M. (2016). Multimodal Learning Analytics and Education Data Mining: Using Computational Technologies to Measure Complex Learning Tasks. Journal of Learning Analytics, 3(2), 220-238.

Hidayat, W., & Wibawa, B. S. (2018). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran di Era Digital [Utilization of Artificial Intelligence in the Learning Process in the Digital Era]. Jurnal Informatika Mulawarman, 13(1), 45-52.

Ho, C., Wu, C., & Lee, I. (2018). Applying Artificial Intelligence Technologies to Support Classroom Interaction: A Literature Review. Journal of Educational Technology & Society, 21(2), 78-89.

Johnson, L., Adams Becker, S., Estrada, V., & Freeman, A. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. New Media & Society, 21(3), 700-719.

Kavanagh, S., & Dawson, S. (2018). Evaluating the Use of Learning Analytics Feedback: A Review. Computers & Education, 116, 59-75.

Kumar, A., & Rose, C. P. (2020). AI-Enhanced Personalized Learning: A Review of the Literature. IEEE Transactions on Learning Technologies, 14(4), 628-641.

Putri, R. A., & Wardhani, S. (2020). Implementasi Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran: Suatu Tinjauan Literatur [Implementation of Artificial Intelligence in Learning: A Literature Review]. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(1), 63-78.

Priyambodo, S., & Nugroho, L. E. (2019). Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran [The Use of Artificial Intelligence Technology in Learning]. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 63-70.

Rahmawati, D., & Rachmadtullah, R. (2016). Implementasi Sistem Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa [Implementation of Artificial Intelligence Systems in Learning to Improve Student Achievement]. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1822-1831.

Romero, C., & Ventura, S. (2019). Educational Data Science: A Review of the Field. Expert Systems with Applications, 129, 30-41.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##