PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PUISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS 2 TEJAKULA
Kata Kunci:
Pembelajaran Bahasa Inggris, puisi, sekolah dasar, kreativitas guru, pengajaran interaktifAbstrak
Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar di Gugus 2 Tejakula, Buleleng, dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas guru dalam memanfaatkan puisi sebagai alat pembelajaran. Program ini bertujuan untuk membantu guru memahami potensi puisi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, termasuk kosakata, tata bahasa, dan keterampilan berbicara. Melalui pelatihan ini, guru diharapkan dapat mengembangkan strategi kreatif dalam mengajar Bahasa Inggris dengan pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Program pelatihan ini juga melibatkan pemilihan puisi yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan minat siswa sekolah dasar. Guru dilatih untuk memilih puisi yang relevan dengan kebutuhan siswa dan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Selain itu, pelatihan memberikan panduan tentang teknik evaluasi pembelajaran yang efektif, yang memungkinkan guru mengukur kemajuan siswa dalam menggunakan puisi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pendampingan yang dilakukan selama dan setelah pelatihan bertujuan untuk memastikan implementasi yang sukses di kelas. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman guru mengenai penggunaan puisi dalam pembelajaran Bahasa Inggris, serta kemampuan mereka dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kreatif. Para guru melaporkan peningkatan motivasi siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris dan kemampuan berbahasa mereka. Pelatihan ini juga memperkuat kolaborasi antar-guru di Gugus 2 Tejakula, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan mendukung.
Referensi
Brown, A. (2020). The Role of Poetry in Stimulating Creativity in Elementary English Language Learning. Journal of Creative Education, 8(3), 102-115.
Garcia, M. (2020). Introducing Cultural Diversity through Poetry in English Language Learning at Elementary Level. International Journal of Multicultural Education, 22(2), 45-58.
Johnson, R. (2017). Enhancing Listening and Speaking Skills through Poetry in Elementary English Language Learning. English Teaching Forum, 55(4), 23-30.
Jones, S. (2018). Increasing Interest and Motivation in English Language Learning through the Use of Poetry in Elementary Schools. Journal of Language Education, 10(1), 78-92.
Lee, K. (2016). Enriching Vocabulary through Poetry in English Language Learning at Elementary Level. Language Teaching Research, 14(3), 67-80.
Martinez, P. (2019). Developing Critical Analysis Skills through the Study of Poetry in Elementary English Language Learning. Educational Psychology Review, 27(2), 134-147.
Smith, J. (2019). The Role of Poetry in Elementary English Language Learning. Journal of Language and Literature Education, 7(2), 45-58.
Turner, L. (2021). Fostering Empathy and Social Awareness through Poetry in English Language Learning at Elementary Level. Social Education, 33(4), 89-102.
White, E. (2018). Enhancing Writing Skills through Poetry in English Language Learning at Elementary Level. Writing Education, 12(1), 56-68.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.