MINDFULNESS-BASED CLASS ACTIVITY UNTUK MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN DAN MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • I Gusti Ngurah Agung Suryaputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Sri Ayuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Lila Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Retno Indriaswuri Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

mindfulness, walking meditation, perundungan, konsentrasi

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan teknik mindfulness guna mengatasi perilaku perundungan dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Kegiatan ini terdiri dari dua tahap utama, yaitu pelatihan mindfulness kepada guru dan pendampingan dalam penerapan teknik mindfulness kepada siswa. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman dan kemampuan guru sebelum dan setelah pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru mengenai konsep mindfulness, pengetahuan manfaatnya dalam pendidikan, serta kemampuan menerapkan teknik-teknik mindfulness di kelas. Selain itu, siswa yang mengikuti program menunjukkan peningkatan dalam konsentrasi dan pengelolaan emosi. Program ini direkomendasikan untuk diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan karakter di sekolah, dengan dukungan pendampingan lanjutan dan evaluasi jangka panjang.

Referensi

Andreu, C. I., Garcia-Rubio, C., Melcón, M., Schonert-Reichl, K. A., & Albert, J. (2023). The effectiveness of a school mindfulness-based intervention on the neural correlates of inhibitory control in children at risk: A randomized control trial. Developmental Science, 26(6), e13403.

Dhanaraj, S., Johnbosco, K., Kumar, B. A., & Alaguraja, K. (2021). Mindfulness meditation practices on concentration ability among primary school children.

Ihsan, D. (2023). Rapor Pendidikan 2022-2023, Nadiem: 24,4 Persen Siswa Alami Bullying. KOMPAS.Com.

Kabat-Zinn, J. (2018). Falling awake: How to practice mindfulness in everyday life. Hachette UK.

Ventura, A., Kissam, B., Chrestensen, K., Tfirn, I., Brailsford, J., & Dale, L. P. (2023). Implementation of a whole-school mindfulness curriculum in an urban elementary school: Tier 1 through tier 3. OBM Integrative and Complementary Medicine, 8(2), 1–25.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##