PEMBINAAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA YANG BERKUALITAS LEWAT LITERASI DIGITAL DAN PEMANFAATAN AI

Penulis

  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Suarcaya Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Literasi Digital, Kecerdasan Buatan (AI), Kurikulum Merdeka, Pemberdayaan Sekolah

Abstrak

Program Pembinaan Sekolah dalam rangka Pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang Berkualitas melalui Literasi Digital dan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) di SMA 2 Singaraja, SMA 3 Singaraja, dan SMA 4 Singaraja bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital di kalangan guru, siswa, serta orang tua. Program ini didesain untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka dengan memanfaatkan teknologi digital dan AI guna menciptakan pembelajaran yang lebih adaptif, interaktif, dan relevan dengan perkembangan zaman. Tahapan program meliputi pelatihan intensif bagi guru tentang literasi digital dan penggunaan AI dalam pembelajaran, pendampingan siswa dalam memanfaatkan teknologi berbasis AI untuk belajar mandiri, serta pengembangan materi ajar berbasis digital yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan. Evaluasi program dilakukan secara berkala melalui kuesioner, observasi langsung, dan diskusi kelompok terarah (FGD) yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Guru Penggerak. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dan siswa terkait literasi digital. Sebanyak 90% guru mampu mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran, sementara 75% guru berhasil menggunakan AI untuk membantu dalam penilaian dan analisis hasil belajar siswa. Di sisi siswa, 85% dari mereka menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menggunakan platform digital untuk belajar, serta 70% siswa mulai menggunakan aplikasi berbasis AI untuk pembelajaran mandiri. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam mendukung literasi digital anak-anak mereka juga meningkat dari 30% menjadi 65%. Program ini memberikan dampak positif yang signifikan dalam penerapan Kurikulum Merdeka berbasis teknologi digital, sehingga mampu menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan abad 21.

Referensi

Anderson, T., & Whitelock, D. (2020). The Role of Artificial Intelligence in Education: Current Progress and Future Prospects. Journal of Interactive Media in Education, 2020(1), 1-9.

Allen, K., & Bull, A. (2018). Following policy: A network ethnography of the UK character education policy community. Sociological Research Online, 1–21. https://doi.org/10.1177/1360780418769678

Bai, S. (2023). Proceedings of the 2022 International Conference on Educational Innovation and Multimedia Technology (EIMT 2022). In Proceedings of the 2022 International Conference on Educational Innovation and Multimedia Technology (EIMT 2022) (Vol. 2). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-012-1

Farida Nur Kumala, O., Dwi Yasa, A., Santoso, H., Agus Setiawan, D., & Nur Hudha, M. (2024). Pendampingan Implementasi Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(8), 1821–1828. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

O.S., A., & Aliu. (2023). The role of artificial intelligence in education. Acta et Commentationes: Științe Ale Educației, 32(2), 46–57. https://doi.org/10.36120/2587-3636.v32i2.46-57

Pristiwati, R. (2023). Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah : Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045. Humanika, 30(2), 208–217.

S. Ra, S. Unika, K. Sameer, W. Y. Seung, and K. Kibum. “The Rise of Technology and Impact on Skills.” International Journal of Training Research 17, 2019, (sup1): 26–40.

Tuomi, I. (2018). The Impact of Artificial Intelligence on Learning, Teaching, and Education. Policies for the future, Eds. Cabrera, M., Vuorikari, R & Punie, Y., EUR 29442 EN, Publications Office of the European Union, Luxembourg, 2018, ISBN 978-92-79-97257-7, doi:10.2760/12297, JRC113226

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##