PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERPENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKAN WELL-BEING BAGI GURU-GURU BK DI KOTA SINGARAJA
Kata Kunci:
Rasional Emotif Behavioral, Tri Hita Karana, Well-BeingAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling di Kota Singaraja melalui pelatihan dan pendampingan layanan Bimbingan Klasikal dengan pendekatan Rational Emotive Behavioral (REB) berbasis Tri Hita Karana. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya keterampilan guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan yang holistik dan responsif terhadap kebutuhan siswa, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan (well-being) siswa. Metode yang digunakan adalah pengabdian ini adalah pretest-postest one group design. Subjek pengabdian adalah 49 guru Bimbingan dan Konseling di Kota Singaraja. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pelatihan adalah instrumen penilaian praktik layanan bimbingan klasikal. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil analisis uji Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 (< 0,05), yang berarti bahwa hipotesis diterima.
Referensi
Anwar, T. A., Andini, S., Siregar, S. R., & Saragih, S. D. B. (2023). Proses Bimbingan Dan Konseling Terhadap Anak Korban Perceraian. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 115–121. https://doi.org/10.56832/pema.v1i2.130
Budiasih, N. W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Ajaran Tri Hita Karana. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 56–64. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Cahyadi, I. M., & Sukerni, N. M. (2020). Membentuk Karakter Siswa Dengan Menerapkan Tri Hita Karana Dalam Ajaran Agama Hindu. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 1(2), 19–26. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/ppg/article/view/1840
Chidambaram, V., Shanmugam, K., & Parayitam, S. (2023). Parental neglect and emotional wellbeing among adolescent students from India: social network addiction as a mediator and gender as a moderator. Behaviour and Information Technology, 42(7), 869–887. https://doi.org/10.1080/0144929X.2022.2046164
Daulay, N., Harahap, A. C. P., & Sinaga, M. H. P. (2022). The role of guidance and counseling service in helping students with academic stress. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.21831/progcouns.v3i2.53821
Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2019). Peran Guru Bk Dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sma Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286
Handika, I., Putri, D., & Ps, S. (2014). Penerapan Konseling Rasional Emotif Dengan Formula Abc Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas Viii 2 Smp Laboratorium. Jurnal Ilmiah, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3725
King, A. M., Plateau, C. R., Turner, M. J., Young, P., & Barker, J. B. (2024). A systematic review of the nature and efficacy of Rational Emotive Behaviour Therapy interventions. PLoS ONE, 19(7 July), 1–26. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0306835
Komarudin. (2022). Pendekatan Andragogi dalam Pendidikan Pemustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 4(2), 177–192.
Kurniati, I., Malik, A. S., Maslachah, A., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran Di Institut. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(1), 46–51.
Maddux, J. E. (1995). Self-Efficacy Theory. 3–33. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-6868-5_1
Musculus, L., Raab, M., Belling, P., & Lobinger, B. (2018). Linking self-efficacy and decision-making processes in developing soccer players. Psychology of Sport and Exercise, 39, 72–80. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2018.07.008
Nind, M., Grace, J., Nind, M., & Grace, J. (2024). The emotional wellbeing of students with profound intellectual disabilities and those who work with them : a relational reading them : a relational reading. Disability & Society, 0(0), 1–22. https://doi.org/10.1080/09687599.2024.2407819
Nurlaily, V. A. (2019). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar: Guru Kelas Berperan Penting dalam Implementasi Layanan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 12–19. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i2.12
Permenmdikbud No. 111 Tahun 2014 (2014). http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_111_14.pdf
Purwaningrum, R. (2018). Bimbingan dan Konseling Komprehensif sebagai Pelayanan Prima Konselor. Jurnal Ilmiah Konseling, 18(1), 18–27.
Putri, D. E. (2023). Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Transformasi Perilaku Kekerasan.
Saputra, W. F. A., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 51. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771
Saputri, S. M., Prayitno, & Jaya, Y. (2018). Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Serta Pembinaannya. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1–20.
Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Dalam Pendidikan Agama Hindu Siswa Sdn Petungsewu Dusun Codo Desa Petungsewu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Jurnal Widya Aksara, 25(2), 198–207. https://doi.org/http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Suja, I. W. (2017). Integrasi Kearifan Lokal Ke Dalam Kurikulum Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(1), 77–93.
Syah, M. E. (2020). Rational Emotional Behavior Therapy (REBT) to Reduce Anxiety Bullying Victims in Adolescents. Journal of Family Sciences, 5(1), 36–46. https://doi.org/10.29244/jfs.5.1.36-46
Syamsuddin, J. (2019). Model Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di SMA Pembangunan Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 36. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i2.966
Yang, J., & Han, K. S. (2020). A rational emotive behavior therapy-based intervention for binge eating behavior management among female students: a quasi-experimental study. Journal of Eating Disorders, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s40337-020-00347-8
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.