PENGUATAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI DAN LESSON STUDY

Penulis

  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Lesson Study, Kurikulum Merdeka, Teknologi Pembelajaran

Abstrak

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan suatu alternatif bagi guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Lingkungan belajar akan lebih interaktif dan menarik apabila menggunakan teknologi dalam suatu pembelajaran. Namun, yang terjadi di lapangan para guru mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran secara efektif. Kesulitan guru dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran disebabkan karena terbatasnya sumber daya untuk mengimplementasikan teknologi. Proses pembelajaran yang dianggap membosankan oleh siswa dikarenakan kurangnya keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Maka, penting bagi guru untuk melaksanakan metode Lesson study for Learning Community (LSLC) untuk memenuhi standar kualitas implementasi kurikulum merdeka. Dengan menguasai teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran, guru akan memiliki lebih banyak opsi untuk mencapai tujuan penerapan kurikulum merdeka. Namun kenyataan di lapangan, banyak guru masih memiliki keterbatasan dalam menguasai teknologi. Mitra dalam pengabdian ini adalah guru sekolah dasar yang bernaung di Gugus VI Kecamatan Kubutambahan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui tahapan sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan bahwa pelatihan dapat meningkatkan keterampilan peserta dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ditunjukkan melalui model pembelajaran lesson study.

Referensi

Henrie, C. R., Halverson, L. R., & Graham, C. R. (2015). Measuring student engagement in technology-mediated learning: A review. Computers & Education, 90, 36–53. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.09.005

Jayanta, I. N. L., & Agustika, G. N. S. (2021). A Comparison of the Effectiveness of Two Stay-Two Stray and Pair Checks Cooperative Learning Models Towards Primary School Mathematics Learning Outcomes. 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020).

Jayanta, I. N. L., Rati, N. W., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SD. Widya Laksana, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jwl.v6i1.9957

Jayanta, I. N. L., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2023). Teknik Circle the Sage Meningkatkan Prestasi Membaca Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.73096

Jayanta, N. L., & Riastini, P. N. (2023). In-Service Teacher Professional Education: Profile Of Elementary School Teachers’digital Technology Skills. Synesis (ISSN 1984-6754), 15(3), 195–205.

Kusuma, I. K. N., Astuti, N. P. E., Numertayasa, I. W. ., & Widayani, N. M. . (2023). Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Action Research, 7(2), 192–200. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.51318

Najikhah, F., Rondli, W. S., Haryati, H., Astuti, D., & Suningsih, S. (2023). Improving the quality of education and professionalism of teachers through lesson study. Jurnal Scientia, 12(3), 2184–2190. https://doi.org/10.58471/scientia.v12i03.1520

Saito, E. (2012). Strategies to promote lesson study in developing countries. International Journal of Educational Management, 26(6), 565–576. https://doi.org/10.1108/09513541211251398

Schipper, T. M., Willemse, T. M., & Goei, S. L. (2022). Supporting teacher educators’ professional learning through lesson study. Journal of Education for Teaching, 48(3), 316–331. https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1988825

Serrano, D. R., Dea‐Ayuela, M. A., Gonzalez‐Burgos, E., Serrano‐Gil, A., & Lalatsa, A. (2019). Technology‐enhanced learning in higher education: How to enhance student engagement through blended learning. European Journal of Education, 54(2), 273–286. https://doi.org/10.1111/ejed.12330

Sudarma, I. K., Prabawa, D. G. A. P., & Suartama, I. K. (2022). The application of information processing theory to design digital content in learning message design course. International Journal of Information and Education Technology, 12(10), 1043–1049.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Wibawa, I. M. C. (2018). Improving Teacher’s Professionalism Through School-Based Lesson Study at SD Laboratorium Undiksha Singaraja. The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS).

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##