PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK GURU-GURU PJOK SMA/SMK DI KABUPATEN BANGLI

Penulis

  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudarmada Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Wira Yanottama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Andhika Pradana Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Yogi Suardana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pembelajaran, Media Interaktif, PJOK

Abstrak

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai pembuatan Media Interaktif dan menambah keterampilan guru dalam merancang dan mendesain pembelajaran PJOK yang aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Sasaran dalam PkM ini adalah guru PJOK SMA/SMK di Kabupaten Bangli sebanyak 25 orang. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan proyek membuat media interaktif dalam pembelajaran PJOK. Bentuk evaluasi yang digunakan adalah (1) pengamatan/observasi untuk mengetahui tingkat kehadiran dan keantusiasan, (2) menghasilkan produk berupa media interaktif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu (1) peserta pelatihan 100% hadir dan mengikuti sampai akhir kegiatan, (2) 80% memahami pembuatan media interaktif dalam pembelajaran PJOK, dan (3) peserta dapat meningkatkan kemampuannya dalam membuat serta menerapkan Media Interaktif.

Referensi

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.9 88

Lubis, B. S., & Syahputra Siregar, E. F. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 396.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143 Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., &

Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar

Dan Sosial Humaniora, 2(2), 367.

Renaningtias, N., Apriliani, D., & Sari, J. P. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif menggunakan animaker bagi siswa SMK bhakti praja dukuhwaru. Abdi Reksa, 2(2), 46–50. https://ejournal.unib.ac.id/abdireksa/article

/view/16791

Rianto, B., Ridha, M. R., & Alsa, I. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pjok Di Sma N 1 Tembilahan. Jurnal Tekno Kompak, 16(1), 175.

https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1373 Ridwan, M., Ristanto, K. O., Aryanandha, I. D.

M., Yuhantini, E. F., & Fikri, M. D. (2021).

Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Bagi Guru PJOK. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 2(2), 40–

https://doi.org/10.26877/jpom.v2i2.10005 Satyawan, I. M., Lasmawan, I. W., Artanayasa,

I. W., Swadesi, I. K. I., & Yoda, I. K. (2023). The development of interactive multimedia in e-learning Undiksha to improve soccer learning outcomes in FOK Undiksha. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3468–3477.

https://doi.org/10.7752/jpes.2023.12398

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##