CULTIVATION SUPERIOR CHARACTER VALUES IN THE BHAGAWAD GITA TO TEACHERS AND STUDENTS OF SMAN 1 SELAT KARANGASEM

Penulis

  • I Wayan Santyasa Undiksha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Wijaya SMA Negeri 1 Selat Karangasem
  • Ni Nyoman Widiani SMA Negeri 1 Selat Karangasem

Kata Kunci:

Pembinaan, nilai-nilai karakter unggul, Bhagawad Gita

Abstrak

Kegiatan program sekolah binaan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter unggul dalam Bhagawad Gita unuk Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Selat Karangasem. Subyek seluruhnya adalah 40 orang yang terdiri dari 16 orang Guru dan 24 orang Siswa. Kegiatan ini dilakukan selama 4 hari, 5-8 Agustus 2024, dengan rincian pembinaan tatap muka dilakukan selama satu hari, dan pendampingan onlie selama 3 hari. Hasil pembinaan adalah: proses diklat berlangsung secara interaktif dan menantang, para Guru dan Siswa terkesan sangat antusias dalam mengikuti program pembinaan, tanggapan para guru terhadap proses pembinaan ini berkategori baik. Secara umum, pembinaan ini mencapai kriteria keberhasilan, bahwa proses pelaksanaan berjalan lancar, peserta sangat antusias dan memiliki tanggapan positif terhadap program pembinaan ini. Para Guru dan Siswa menunjukkan sikap interaktif dan tertantang dalam proses pembinaan. Pembinaan secara berkelanjutan sangat penting untuk dilakukan.

Referensi

Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat Fahmi, F., Nur Pratiwi, R., Trisnawati. (2015). Pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap prestasi kerja (Studi pada dinas kesehatan kabupaten pamekasan). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(11), 1809-1813.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas.

Lestari, S., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2019). Humanistic psychology study of Abraham Maslow on the main character in Tiba Sebelum Berangkat Novel by Faisal Oddang. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 2(1), 110-118. www.bircu-journal.com/index.php/birci.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our school can teach respect and responsibility. New York: Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung: Nusa Media.

Murphy, M. M. (1998). Character Eeducation in America’s Blue Ribbon Schools, Lancaster PA, Technomic.

Puja, G. (2005). Bhagawad Gita (Pancama Veda). Surabaya: Paramita.

Pusat Kurikulum Depdiknas. (2010). Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Rahmawati, A. (2017). Efektivitas program penyelenggaraan diklat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 1(2), 104-121.

Santyasa, I W., Saindra Santyadiputra, G., & Juniantari, M. (2021). Pendidikan dan pelatihan pengembangan perangkat pendidikan karakter terintegrasi pembelajaran fisika melibatkan Guru-Guru Fisika SMA Di Kabupaten Klungkung. Proceeding Senadimas Undiksha, 2273-2281.

Santyasa, I W., Tegeh, I M., & Sudarma, I K. (2023). Pendidikan dan pelatihan pengembangan perangkat pendidikan berkarakter terintegrasi pembelajaran melibatkan Guru-Guru SMA Negeri 8 Denpasar. Proceeding Senadimas Undiksha, 8, 2023.

Sholehuddin. (2018). Humanisasi Pendidikan: Meneguhkan sisi kemanusiaan dalam proses pembelajaran. Journal of Islamic Studies, 1(2), 73-87. DOI: 10.5281/zenodo.3554855.

Wasitohadi. (2014). Hakekat pendidikan dalam perspektif John Dewey: Tinjauan teoritis. Satya Widya, 30(1), 49-61.

Zamkowska, I. (2020). God’s not dead 1 - Open Education Model of religious education in the world of mixed values. Journal of Culture and Society, 2, 81-97. ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2595-103

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##