INDONESIAN POLITE UTTERANCES FOR INDONESIAN LANGUAGE TEACHERS OF SMP NEGERI 4 MARGA, TABANAN REGENCY

Penulis

  • I Wayan Rasna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Sariani Binawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Kesantunan, Berbahasa

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan kesantunan berbahasa untuk guru bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Marga,Kabupaten Tabanan dalam rangka penguatan Profil Pelajar Pancasila.Untuk itu,kesantunan berbahasa dibutuhkan untuk menciptakan relasi komunikasi yang terjaga untuk menumbuhkan harmoni sosial dalam rangka Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Hasil pelatihan menunjukkan bahwa: 1)Kognisi awal kesantunan berbahasa para guru pada kisaran 62 (cukup) -79(baik); 2(kognisi awal Profil Pelajar Pancasila berada pada kisaran 60 (cukup)- 67 (cukup); 3) kognisi akhir kesantunan berbahasa antara 77(baik)- 89 (sangat baik) ;dan 4) kognisi akhir Profil Pelajar Pancasila berada pada kisaran 79 (baik ) – 89 (sangat baik).Ini modal harmoni sosial.Harmoni sosial akan membantu karier di masa depan. Kebehasilan karier di masa depan akan ditentukan oleh soft skill sebagai salah satu faktor penting, yang salah satunya adalah etika berbahasa baik dalam organisasi sosial kemasyarakatan, bisnis, politik, maupun dalam rangka merawat ketentraman kehidupan komunitas, lebih- lebih dalam situasi tahun politik menjelang pemilu 2024

Referensi

Direktorat SD.(2022).Profil Pelajar Pancasila.https://ditpsdkemdikbu d.go.id/hal/Profil Pelajar Pancasila’

Gunarwan, Asim.2005. Beberapa Prinsip dalam Komunikasi Verbal: Tinjauan Sosiolinguistik dan Pragmatik dalam Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Gunawan, Made Riyan & Suniasih Wayan, Ni. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V SD Vol. 10 (1),133141.https://doi.org/10.238 87/jjpgsd.v10i1.45372.

Isman Jakub.1983.Keadaan Kebahasaan di Indonesia dan Implikasinya bagi Pengajaran Bahasa Indonesia dalam Kongres Bahasa Indonesia

III. Jakarta: Pubinbangsa Depdikbud.

Irawati,Dini, Iqbal Aji Muhamad, Hasanah, Aan,Arifin,Bambang Samsul. Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa dalam Jurnal Pendidikan EDUMASPUL Vol.6,No.1 2022.

Page 1224-1238.

Kahfi, Ashabul. Implikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di

Sekolah dalam Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Vol. 5 Nomor 2 (2022) :138-151.

DOI:.https://doi.org/10.51476/dir asah.v5i2.402.

Kemdibud Ristek. 2022. Merdeka Belajar Episode Kesembilan Belas : rapor Pendidikan Indonesia. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Kusnawati, Tri. 2016. Internalisasi Nilai- Nilai Kedisiplinan dan Menghormati Orang Lain pada Mata Kuliah Expression Ecrite I dalam Prosiding Forum Ilmiah XII FPBS 2016 (Seminar Internasional Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Banding, 26 Oktober 2016 dengan Tema Peranan Bahasa pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Bandung : CIPI Press.

Mansyur, Umar. 2016. Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa Sastra, dan Pengajarannya Vol.9 Nomor 2 .hal:158-163

Mulyadi, Ahmad.2011.Perilaku Berbahasa sebagai Cermin Budaya Bangsa. Makalah Semnas dalam rangka Rakernas II Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se – Indonesia di Undiksha, 18 Februari 2011.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers. vli3.23462 tersedia onlinedi http://jurnal.unpad.ac.id/kumawu la/index

Nursyahidah. 2017. Representasi Identitas Budaya dalam Etika Berbahasa (StudiKasus Masyarakat Bima) dalam The 1st Education and Language International Conference Proceedings Centre for Internationnnal Language

Development of

Unissula.hal:654-610.

Pamela, I., Chan ,F. Fausia., Susanti,E., Frimals,A.,& Rachmat, O. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Edustream:Jurnal Penidikan Dasar 3(2):L23-30

Rasna,I Wayan.2020.Workshop Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kesantunan Berbahasa sebagai Soft Skill untuk Penyiapan SDM Berdaya Saing di Era Revolusi Industri 4.0

Rasna, I Wayan .2020.The Harmony of Instructional Communication in the Classroom dalam Advances in the Social Sciences ,Education and Humanities Research

,Volume566 Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020):251-

Atlantis Press.https://www.atlantis – press,com/proceedings/aes- 20/125958625.

Rosmana,P.Iskandar.S.,Faiziah,H.,Afifah., N.&Khamelia,W(2022).Kebebas an dalam Kurikulum Prototipe.As-Sabiqun, 4 (1) ,115-

Rusyana,Yus.1983. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pengantar di SD dalam Konres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusbinbangsa Depdikbud.

Satria, Rizky, Adiprima Pia, Wulan, Kadi Sekar, Harjatanaya, Tracey Yani. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset Teknologi Republik Indoneia.

Soewargana, Oeyeng. 1983. Bahasa Indonesia dalam Pembinaan

Minat Baca dalam Kongres bahasa In donesia III. Jakarta: Pusbinbangsa Depdikbud.

Suhariyanti, 2020. Mempromosikan Nilai Budaya dengan Project Based Learning. Materi Webnar Kemdikbud Dirjen Guru dan Tendik Diakses 11 Februari 2021.

Suhartono dan Lestariningsih, Enny Dwi. 2017. Etika Berbahasa dalam Pelayanan Publik dalam Jurnal Unimus. hal:164-

http//jurnal.unimus.ac.id Sukatman.2012.Budaya Tutur Bahasa

Indonesia dan Kontribusinya bagi Pendidikan Etika di Sekolah Dasar dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol.1 Nomor 2

.hal: 154-165.

Sulastri,S., Syahril, S.Adi,N.& Ernita, E.2022. Penguatan Pendidikan Karakter melalui Profil Pelajar Pancasila bagi Guru SD. JRTI(Juenal Riset Tindakan Indonesia) 7 (3)

.https://doi.org.10.29210/300320 75000

Syahfrendi.2008.Etika Pelayanan Publik Tinjauan Teoritis dalam Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Fisipol

:UIR.http://jurnal .unimus.ac.id Ujang, Cepi Berlian, Siti Solikah, P.R.

(2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutun Pendidikan. Journal of Education and Language Research 10 (1),1-

https://doi.org/10.21608/pshj.202 2.250026.

Wibiyanto,F. &

Muhubbin,A..(2021).Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah .Doctoral Dissertation Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##