Aplikasi Global Positioning System dan Analisis Surfer dalam Pemetaan sebagai Media Digital pada Pembelajaran IPS Guru-Guru SMP Se-Kecamatan Gerokgak

  • I Wayan Treman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Landrawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pelatihan aplikasi Global Positioning System (GPS) dan Surfer bagi guru-guru IPS SMP Se-Kecamatan Gerokgak dilaksanakan di SMP N 2 Gerokgak. Kegiatan tersebut bertujuan memberi pembekalan keterampilan tentang penggunaan GPS dan Surfer dan mengetahui nilai kebermanfaatan pelatihan untuk pemetaan sebagai media digital bagi guru-guru IPS. Pemecahan masalah dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu observasi, pemberian materi, pelatihan penggunaan GPS, analisis Surfer, pembuatan peta kontur 2 dimensi dan model medan 3 dimensi yang akhirnya digunakan sebagai media pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil tes keterampilan menunjukkan bahwa penggunaan alat GPS dan Surfer untuk pemetaan sebagai media digital bagi guru-guru IPS dengan kualifikasi 25% sangat mampu dan 75% kategori mampu, Sehingga nantinya mampu menambah ketersediaan media pembelajaran IPS. Keterampilan pembuatan peta kontur 2 dimensi dan model medan 3 dimensi menggunakan GPS dan Surfer sebagai media digital bagi guru-guru IPS tergolong kategori mampu, sehingga sudah dapat dihasilkan Media Digital dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil dari lay out (komposisi) peta, perpaduan warna, pemilihan simbol dan pemanfaatan informasi peta dengan benar sesuai dengan kaidah kartografi.

References

Abidin, H.Z. 1999. Penentuan Posisi dengan GPS. Jakarta. Pradnya Paramita.
Abidin, H.Z. 2002. Survei dengan GPS. Jakarta. Pradnya Paramita.
Aryono, P. 1989. Kartografi. Yogyakarta. Mitra Gama Widya.
Baglay and Lamon. 1992. NAVSTAR Joint Program Office and a Status Report on the GPS Program. Colombus : Ohio.
Leick, A. 1995. GPS Satellite Surveying. New York. A Willey Interscience.
Prahasta, E. 2002. Sistem Informasi Geografi. Bandung. CV Informatika.
Seeber. 1993. S. Satellite Geodesy. Berlin. Walter de Gruyter.
Sumaatmadja. 1981. Studi Geografi. Bandung. Alumni.
Wirshing, J.R. 1995. Pengantar Pemetaan. Jakarta. Erlangga.
Raisz, E. General Cartography. New York. McGraw Hill Book, Inc.
Oemar, H. 1988. Media Pendidikan. Bandung. Alumni.
Wells. 1986. Guide to GPS Positioning. Canada : Canadian GPS Associates.
Published
2019-02-01
How to Cite
TREMAN, I Wayan; LANDRAWAN, I Wayan; SENDRATARI, Luh Putu. Aplikasi Global Positioning System dan Analisis Surfer dalam Pemetaan sebagai Media Digital pada Pembelajaran IPS Guru-Guru SMP Se-Kecamatan Gerokgak. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 78-84, feb. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1613>. Date accessed: 16 oct. 2019.