Program Sosiologi Mengajar Bagi Remaja Putus Sekolah Di Desa Pejarakan Kabupaten Buleleng

  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Margi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Data dari Dinas Pendidikan menunjukkan bahwa Kecamatan Gerokgak (Kabupaten Buleleng) adalah kecamatan yang memiliki angka putus sekolah tertinggi terutama di desa-desa yang letaknya paling barat yakni desa Sumberkima, Pejarakan dan Sumber Kelampok. Desa Pejarakan khsusunya, sebagai penyumbang angka putus sekolah paling tinggi untuk jenjang SMP. Putus sekolah pada jenjang SMP tentu tidak sesuai dengan kebijakan wajib belajar 9 Tahun yang diterapkan pemerintah di Indonesia. Program Sosiologi Mengajar yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Program ini telah bekerjasama dengan Lembaga PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Lestari yang sejak awal memfokuskan perannya sebagai lembaga pendidikan luar sekolah. Kerjasama ini diwujudkan dalam berbagai bentuk program kegiatan di antaranya yakni penyediaan tutor, pengembangan model pembelajaran serta analisis sosiologis tentang masalah putus sekolah. Program ini dilakukan secara intensif selama tiga bulan yakni Agustus hingga Oktober dengan metode kunjungan lapangan (pendampingan) dan kegiatan proses belajar mengajar. Hasil dari Program Sosiologi Mengajar ini adalah tersedianya tutor kunjung dan penerapan inovasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar di PKBM Lestari.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarata: Balai Pustaka.
Fattah, Nanang. (2004). Landasan Menejemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Erlangga.
Margi, I Ketut. (2011). Pemertahanan Identitas Etnik dan Implikasinya Terhadap Hubungan Intern dan Interetnik di Desa Pengastulan, Buleleng. Bali: Universitas Udayana.
Mudana, I Wayan. (2015). Sosiologi Antropologi Pembangunan. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Anwar, Yesmil dan Adang. (2013). Sosiologi untuk Universitas. Bandung: PT Refika Aditama.
Nasution, S. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratna, Nyoman Khuta. (2010). Metode Penelitian: kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran:Sebagai Refrensi bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualiatas. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suastra, I Wayan. (2017). Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa Dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budaya. Singaraja: Undiksha.
Hidayat, Dayat. (2016). Strategi Pembelajaran Partisipatif dalam Meningkatkan Hasil Program Nonformal di Kabupaten Karawang. Jurnal: Pendidikan Nonformal Vol 2 No 1. Tersedia pada http://id.portalgaruda.org/index. php?ref=browse&mod=Viewarticle&article=445467 (diakses tanggal 17 januari 2018).
Kemendikbud, Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016/2017. Tersedia pada http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_FC1DCA36-A9D8-4688-8E5F-0FB5ED1DE869_.pdf (diakses tanggal 12 Maret 2018).
Martyastuti, Yunita. 2015. Kinerja Tutor Program Pendidikan Paket C (Umum) Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Artikel: Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ index.php/pls/artide/download/1808/.pdf (diakses pada 10 Agustus 2018).
Septiani, Mita. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. Jurnal: Ilmiah Visi PPTK Paudni Vol. 10 No. 2. Tersedia pada http://journal.unj .ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/3744/2788 (diakses 17 januari 2018).
Setiawan, Panca. (2013). Implementasi Pembelajaran Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat(Pkbm) Wiyatasari Tapen Argosari Sedayu Bantul. Sripsi: Universitas Negeri Yogyakarta Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/27111/1/pancasetiawan,%2009102249018.pdf (diakses 17 januari 2018).
Published
2019-02-01
How to Cite
WIRAWAN, I Gusti Made Arya Suta; MARGI, I Ketut; SENDRATARI, Luh Putu. Program Sosiologi Mengajar Bagi Remaja Putus Sekolah Di Desa Pejarakan Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 195-208, feb. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1625>. Date accessed: 16 oct. 2019.