Implementasi Penyelesaian Sengketa Perdata Melalui Small Claim Court Bagi Pelaku UMKM Di Kabupaten Buleleng

  • Ni Putu Rai Yuliartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Karina Wedhanti Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji implementasi proses small claim court dalam penyelesaian perkara perdata di Kabupaten Buleleng; (2) mengidentifikasi dan melakukan pemetaan terhadap faktor penyebab rendahnya pengajuan perkara menggunakan proses small claim court di Kabupaten Buleleng. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng, dan Instansi Pengadilan Negeri Singaraja. Objek penelitian ini adalah berbagai faktor penghambat optimalisasi penerapan proses small claim court dalam penyelesaian perkara perdata bagi UMKM di Kabupaten Buleleng. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif, mengkatagori dan kodifikasi, reduksi data, penyajian dan klasifikasi data secara menyeluruh berdasarkan kaitan logisnya, kemudian ditafsirkan dalam keseluruhan konteks penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi proses small claim court dalam penyelesaian perkara perdata di Pengadilan Negeri Singaraja telah sesuai dengan PERMA No. 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana. Sengketa yang masuk dari tahun 2015 hingga Agustus 2018 hanya tiga perkara Gugatan Sederhana yang diajukan ke PN Singaraja; (2) faktor penyebab rendahnya pengajuan perkara menggunakan proses small claim court di Kabupaten Buleleng adalah rendahnya pemahaman pelaku UMKM tentang small claim court, penyelesaian sengketa secara kekeluargaan dianggap lebih efektif, dan persyaratan diajukannya small claim court bersifat komulatif sehingga pelaku UMKM sulit memenuhi seluruh persyaratan yang ada.

References

Afriana, Anita & Isis Ikhwansyah. 2016. Questening the Small-Claims Court in Indonesia in the Framework of National Civil Procedural Law Reform. Jurnal Dinamika Hukum Volume 16, No. 3.
Bank Indonesia dan LPPM Universitas Udayana. 2011. Laporan Penelitian Pengembangan Komoditas/Produk/Jenis Usaha Unggulan UMKM di Provinsi Bali. Desember.
Mahkamah Agung RI, Laporan Tahunan MA. 2015. dalam kepaniteraan.mahkamahagung.go.id.
Mahkamah Agung RI, Laporan Tahunan MA. 2016. dalam kepaniteraan.mahkamahagung.go.id.
Profil UMKM di Kecamatan Buleleng 2016, dalam bulelengkab.go.id.
Profil UMKM di Kecamatan Buleleng 2018, dalam bulelengkab.go.id.
Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana, Berita Negara RI Tahun 2015 Nomor 1172.
Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Singaraja, https://sipp.pn-singaraja.go.id/list_perkara, diakses pada tanggal 26 Agustus 2018.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Lembaran Negara RI Tahun 2008 Nomor 93.
Windari, Ratna Artha. 2014. Hukum Perjanjian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2019-02-01
How to Cite
YULIARTINI, Ni Putu Rai; WEDHANTI, Nyoman Karina. Implementasi Penyelesaian Sengketa Perdata Melalui Small Claim Court Bagi Pelaku UMKM Di Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 209-218, feb. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1626>. Date accessed: 16 oct. 2019.