Kemampuan Menguasai Aspek Kalimat Teks Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah (1) mengetahui penguasaan siswa dalam mengidentifikiasi kalimat-kalimat yang terdapat pada teks bahasa Indonesia; (2) mengetahui penguasaan siswa tentang kesatuan kalimat yang teridentifikasi; dan (3) mengetahui penguasaan siswa tentang struktur kalimat yang teridentifikasi. Untuk mencapai tersebut dirancang penelitian deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan penguasaan siswa kelas VII SMP Laboratorium Undiksha atas aspek-aspek kalimat tergolong cukup (rerata: 61). Namun, kalau dirinci berdasarkan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, hasilnya menunjukkan: (1) kemampuan mengidentifikasi kalimat tergolong: sangat baik (rerata: 88); (2) kemampuan mengidentifikasi kesatuan kalimat tergolong: kurang (rerata: 52); dan kemampuan menganalisis struktur kalimat tergolong: kurang (rerata: 43). Berdasarkan hasil yang dicapai, disarankan agar siswa memahami hakikat kalimat dan aspek-aspeknya, sehingga dalam menganalisis teks tidak mengalami kesulitan, serta ketika menyusun teks, hasilnya menjadi efektif.