Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Makalah sebagai Alternatif Materi Ajar Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam makalah mahasiswa Teknologi Pendidikan semester II tahun ajaran 2017/2018. Kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia ini bisa dijadikan alternatif materi ajar ejaan bahasa Indonesia bagi mahasiswa MPK bahasa Indonesia. Data penelitian ini berupa kesalahan-penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam makalah. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis model Miles dan Model Huberman. Dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang ditemukan, yaitu pemakaian huruf kapital, 2) huruf miring, 3) penulisan kata berimbuhan, 4) penulisan gabungan kata, 5) penulisan kata depan, 6) kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan –nya, 7) tanda titik (.), 8) tanda koma (,), 9) tanda titik koma (;), 10) tanda titik dua (:), dan 11) tanda petik dua (“ “).