Tindak Verbal dan Nonverbal Guru Ketika Memberikan Penguatan dalam Wacana Akademik di TK Negeri Pembina Tegallalang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak verbal dan nonverbal guru ketika memberikan penguatan dalam wacana akademik di TK Negeri Pembina Tegallalang, (2) mendeskripsikan fungsi tindak verbal dan nonverbal guru ketika memberikan penguatan dalam wacana akademik di TK Negeri Pembina Tegallalang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru TK Negeri Pembina Tegallalang. Objek penelitian ini adalah tindak verbal dan nonverbal guru dalam memberikan penguatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk tindak verbal guru dalam memberikan penguatan adalah bentuk tuturan deklaratif, imperatif, dan interogatif, sedangkan bentuk nonverbalnya adalah gestural, fasial, dan postural; (2) fungsi perilaku verbal guru ketika memberikan penguatan adalah fungsi ekspresif, direktif, representatif, komisif, dan deklarasi, sedangkan fungsi nonverbalnya adalah melengkapi dan menekankan.