Workshop Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Oleh Resimen Mahasiswa Sebagai Upaya Pencegahan Tindakan Radikalisme di Politeknik Negeri Banyuwangi

  • Ninik Sri Rahayu Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Ika Yuniwati Politeknik Negeri Banyuwangi

Abstract

Permasalahan radikalisme dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, khususnya radikalisme agama di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu pemerintah mewajibkan adanya sosialisasi atau kuliah umum terkait radikalisme dari dosen Pendidikan Pancasila/Pendidikan Kewarganegaraan dan pihak-pihak terkait agar dapat menagkal radikalisme yang berkembang di Perguruan Tinggi. Selain itu pemerintah juga membentuk Resimen Mahasiswa yang merupakan salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI yang berasal dari unsur mahasiswa. Peranan Resimen Mahasiswa yang cukup aktif dalam mensosialisasikan anti radikalisme diharapkan dapat meningkatkan persepsi mahasiswa untuk menolak adanya radikalisme. Pada penelitian kali ini tindakan resimen mahasiswa dan dosen penganpu mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu melakukan workshop wawasan kebangsaan dan bela negara kepada mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi. Setelah menempuh kegiatan tersebut, mahasiswa diharapkan mampu memahami radikalisme sehingga dapat menangkal adanya radikalisme yang beredar di kampus. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai paham radikalisme dilakukan dengan pengisian kuesioner setelah kegiatan workshop selesai dilakukan. Kuesioner dikembangkan dengan menggunakan kuesioner skala likert yang kemudian diklasifikasikan kedalam mahasiswa yang memiliki pemahaman yang sangat baik, baik, cukup, dan kurangterhadap  radikalisme. Hasil dari pemahaman mahasiswa mengenai radikalisme melalui konteks wawasan kebangsaan dan bela negara sebanyak 56% mahasiswa cukup memahami radikalisme dan sebanyak 44% mahasiswa pada kategori baik. Hal tersebut memberikan makna bahwa mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi telah mampu memahami radikalisme dengan baik setelah kegiatan workshop.

Published
2019-10-14
How to Cite
RAHAYU, Ninik Sri; YUNIWATI, Ika. Workshop Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Oleh Resimen Mahasiswa Sebagai Upaya Pencegahan Tindakan Radikalisme di Politeknik Negeri Banyuwangi. Seminar Nasional Hukum dan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 64-68, oct. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1663>. Date accessed: 04 aug. 2020.