Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila

  • I Gusti Ngurah Santika Universitas DwiJendra
  • I Putu Edy Purnawijaya Universitas DwiJendra
  • I Gede Sujana Universitas DwiJendra

Abstract

Secara konstitusional, Indonesia adalah negara kesatuan yang pemerintahannya berlandaskan pada sistem politik demokrasi. Pemilu secara periodik adalah konsekuensi logis dari pilihan sistem politik demokrasi Indonesia. Melalui eksperimentasi pemilu Indonesia berkomitmen membangun kualitas sistem politik demokrasinya. Sayangnya pemilu yang berjalan di Indonesia sebagian besar masih dipenuhi dengan konflik politik. Perhelatan pemilu selama ini di Indonesia secara kontekstual syarat dengan perpecahan yang mengancam dan membahayakan integrasi bangsanya. Setelah sekian lama dikesampingkan dan dilupakan, kini sudah saatnya Indonesia dalam membangun kualitas sistem politik demokrasinya meletakan kebebasan sipil, hak politik, dan lembaga pemilu dengan bingkai integrasi bangsa. Integrasi bangsa secara kolektif haruslah disepakati oleh Indonesia sebagai indikator utama dalam membangun kualitas sistem politik demokrasinya di masa depan. Tetapi untuk menjaga integrasi bangsa dalam pemilu Indonesia perlulah didukung dan dikolaborasikan kembali dengan Pancasila sebagai dasar falsafah negaranya. Kedamaian sebagai roh ideologi Pancasila haruslah dijadikan patokan dan orientasi instrumental oleh seluruh komponen pemilu Indonesia. Dengan internalisasi dan aktualisasi roh ideologi Pancasila dalam pemilu Indonesia, niscaya integrasi bangsa dengan sendirinya akan terwujud. Karena pada hakekatnya, kedamaian dalam pemilu Indonesia bukan semata-mata untuk menjaga dan mempertahankan integrasi bangsanya, tetapi juga sekaligus sebagai modal berharga bagi Indonesia dalam membangun kualitas sistem politik demokrasinya.

Published
2019-10-14
How to Cite
SANTIKA, I Gusti Ngurah; PURNAWIJAYA, I Putu Edy; SUJANA, I Gede. Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional Hukum dan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 74-85, oct. 2019. ISSN 2745-7990. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665>. Date accessed: 27 oct. 2020.