Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Australian Independent School Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung

  • I Ketut Rindawan Universitas DwiJendra
  • Ni Luh Putu Sari Asih Australian Independent School

Abstract

Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik. Pembelajaran di kelas seringkali siswa merasa bosan dan jenuh  dalam mengikuti pembelajaran karena pengaruh dari cara guru mengajar. Hal tersebut menekankan bahwa pentingnya guru berkualitas tinggi. Kebanyakan guru mata pelajaran sekarang masih dengan paradigm lama, yaitu guru sebagai pusat pembelajaran transfer pengetahuan dan latihan.pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pancasila (PPKn) di Sekolah Dasar Austalian Independent School Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung.Guru melakukan berbagai cara agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, seperti tanya jawab dan bantuan media internet. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan empiris dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, teknik kepustakaan dan teknik observasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini akan dijabarkan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif adalah suatu teknik pengolahan data yang dilakukan dengan cara menyusun secara sistematis sehingga diperoleh suatu kesimpulan umum yang dapat dipertanggung jawabkan. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasiladan


 


Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah Australian Independent School (AIS) berdasarkan hasil pengamatan pada materi dan kurikulum pembelajaran, ditemukan  beberapa materi yang berkaitan dengan PPKn , yaitu;1)  Ketuhanan ,meliputi: hidup rukun sesama yang berbeda agama dari berbeda Negara, 2) Kemanusian meliputi, mereka saling tolong menolong walaupun berbeda negara dan saling menghargai sesama teman, 3) Persatuan dan kesatuan, meliputi : hidup rukun dalam  perbedaan, cinta lingkungan, sikap positif sesama teman yang berbeda Negara,4) Keterbukaan dan jaminan keadilan dan norma- norma yang di lakukan di sekolah Australian Independent School(AIS), 5) Pancasila meliputi ; kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.

Published
2019-10-14
How to Cite
RINDAWAN, I Ketut; ASIH, Ni Luh Putu Sari. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Australian Independent School Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Seminar Nasional Hukum dan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 94-99, oct. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1667>. Date accessed: 04 aug. 2020.